BanjirDaerahKALBAR

Antisipasi Harus dilakukan, Pesan Mensos Saat Mengunjungi Warga Terdampak Banjir Di Kabupaten Sintang

Berita Nasional.ID, Sintang, Kalbar–Banjir yang melanda Kabupaten Sintang membuat Menteri Sosial Tri Rismaharini tergerak untuk terjun langsung melihat kondisi yang menimpa di kabupaten Sintang,  beliau mengunjungi  warga yang terdampak banjir di beberapa titik pada Rabu (3/11/2021).

Kabupaten Sintang yang secara geografis diapit oleh dua sungai besar yaitu sungai Kapuas dan Melawi, sehingga selain intensitas curah hujan di Sintang dan dari daerah perhuluan membuat daerah Sintang Terdampak cukup parah.

Sebelumnya kabupaten Sintang dikunjungi oleh Wakil Gubernur, kemudian Gubernur Kalbar, kini Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke Sintang juga untuk melihat kondisi langsung warga yang terdampak banjir.

Sesampainya di Sintang dengan menggunakan perahu karet, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, dan Pelaksana Harian Bupati Sintang didampingi pejabat lainnya mengunjungi korban banjir yang masih bertahan di rumah mereka.

Sambil naik perahu, Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung menyapa warga korban banjir di sekitar SMP Negeri 4 Sintang dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga.

mantan Walikota Surabaya yang terkenal aktif dan berani itu langsung turun dari perahu karet dan memilih berjalan kaki dan menerobos banjir saat kembali ke kendaraan dinas.

Bahkan saat diwawancara oleh wartawan pun, Menteri Sosial Tri Rismaharini berada pada lokasi banjir dengan ketinggian air sepinggang orang dewasa.

Tampak Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan pejabat lainnya ikut berbasah-basahan dengan Ibu Menteri Sosial.

Tri Rismaharini mendapatkan informasi bahwa, kondisi banjir yang melanda Kabupaten Sintang saat ini lebih parah dari sebelumnya.

Kalau kita mempelajari dampak global warming, ke depan akan semakin berat karena itu menurutnya, harus ada langkah mitigasinya atau pencegahan.

“Supaya tidak terjadi lagi banjir sebesar ini, minimal berkurang lah banjirnya dimasa yang akan datang,” terang Tri Rismaharini.

Ke depan, kata dia tidak hanya melakukan mitigasi bencana banjir, tetapi antisipasi yang akan terjadi ratusan tahun yang akan datang.

“Antisipasinya mulai dari sekarang, karena kalau tidak, banjir akan semakin lebih berat lagi,” terang Tri Rismaharini lagi.

Sementara Ketua Komisi V DPR RI Lasarus yang turut mendampingi Menteri Sosial menyampaikan atas nama seluruh masyarakat Kalimantan Barat terkhusus Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau dan Melawi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial yang sudah memberikan perhatian kepada korban banjir.

“Kita memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Ibu Menteri Sosial yang sudah rela berkunjung bahkan sampai berbasah-basahan. Saya tadi belakangan nyebur ke banjir dan Bu Risma duluan turun dari perahu karet,” kata Lasarus.

“Ibu Menteri Sosial sudah luar biasa membantu warga. Sementara ini, Ibu Menteri datang kesini untuk melihat kebutuhan yang urgent dulu,” ujar Lasarus lagi.

Kita ke sini ditemani oleh Tim Kementerian PUPR untuk melihat kondisi yang ada. Banjir seperti ini pastilah ada dampaknya ujar dia, seperti kerusakan infrastruktur dan upaya perbaikan nantinya. Diskusi ini akan terus berlanjut di Jakarta nanti.

“Diskusi lintas kementerian pasti dilakukan supaya banjir ini ke depan bisa kita minimalisir,” pungkas Lasarus.(Fyan/Red)

Mensos saat mengunjungi banjir
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button