Metro

Dorong Generasi Buteng Berjiwa Enterpreneur, Azhari: Mulai Usaha Tidak Mesti Dengan Modal Besar

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – Kampus B Universitas Sembilan belas November (USN) Kolaka di Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar workshop bertemakan “Pembentukan Karakter Kewirausahaan di Kalangan Generasi Muda Buton Tengah” yang dibuka langsung oleh Rektor USN, Dr. Azhari, S.STP.,M.Si, secara virtual.

Dalam sambutannya, Azhari mengapresiasi giat yang diselenggarakan. Ia berharap dengan dibuatnya kegiatan tersebut generasi muda Buton Tengah (Buteng) bisa mengambil peran dalam dunia kewirausahaan.

“Kita jangan jadi orang-orang yang hanya berpikir atau berusaha semata bekerja, tapi bagaimana kita berupaya menciptakan lapangan kerja,” ucap Azhari, Rabu (03/11/2021).

Untuk menciptakan lapangan kerja, tambah Azhari, tidak mesti dengan modal yang besar. Namun hal terpenting adalah tekad dan kemauan keras dalam mengembangkan usaha yang digeluti.

“Tidak semua usaha harus bermodal besar, tapi dengan modal kecil pun kita bisa memulai, dan dari yang kecil-kecil itulah kita secara perlahan dan pasti,” katanya.

Usai menyampaikan hal tersebut kemudian Azhari sedikit menyinggung kehadiran kampus B USN Kolaka yang ada di Buton Tengah.

Kata dia, Kampus USN di Buteng diarahkan pada bidang ilmu kemaritiman dan kelautan karena di daerah tersebut memiliki potensi dan daya dukung unggulan yang sangat besar.

“Laut kita terbentang luas, potensi sumber daya alam kita hanya akan dapat mampu dan sukses apabila diarsiteki yang punya keahlian di bidangnya. Karenanya, jangan yang lain berkembang, kita tidur. Saya sangat berharap pada anak-anakku, baik mahasiswa terutama siswa SMA/SMK/MA yang alhamdulillah berkenan jadi peserta kegiatan ini, dapat memetik ilmu dan pengetahuan untuk dijadikan langkah pemacu diri menyongsong perubahan dan raihan masa depan yang cerah dan baik,” terangnya.

Diketahui, workshop pembentukan karakter kewirausahaan generasi Muda Buteng, menampilkan sejumlah pemateri, baik dari internal kampus USN maupun dari eksternal di Kabupaten Buteng, diantaranya Prof. Ruslin Hadanu, Zamrun, SE, M.Si (Ketua HIPMI Cab, Buteng), Haris Ilman (Pembina HIPMI Buteng) dan Tasrim, S.Pd., M.Pd.

Sementara dari civitas akademik USN yang hadir yakni, pengelola Kampus B USN Dr. Muis, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) USN, Rina Rembah, Sekretaris LPPM-PMP USN Tasrim, serta sejumlah ketua jurusan dan dosen USN. Workshop ini diikuti puluhan kepala sekolah, guru-guru, serta mahasiswa dan siswa SMA/SMK/MA di Buton Tengah (Win).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button