DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Antisipasi Krisis Pangan, Anggota Kodim 0823 Situbondo Garap Lahan Tidur Menjadi Lahan Produktif

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Melaksanakan gerakan budidaya pangan lokal dan antisipasi krisis pangan dampak dari pandemi Covid-19, anggota Kodim 0823 Situbondo mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif, di lahan Eks Asrama 514 Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, Kamis (7/7/2022).

Keterangan yang disampaikan Letda Inf Agus Riyadi Danunit Intel Kodim 0823 Situbondo mengatakan bahwa, lahan tidur yang berada di samping barak maupun di belakang eks asrama 514 Kotakan, sebagian sudah ditanami pohon singkong dan sebagiannya masih tahap pengerjaan lahan.

Diharapkan, sambung Letda Inf Agus Riyadi, hasil panennya untuk membantu masyarakat yang masih terdampak Pandemi Covid-19. “Dengan memanfatkan lahan tidur menjadi lahan produktif yang kita kelola dan hasil panennya kita berikan kepada masyarakat, maka setidaknya kita dapat membantu masyarakat dalam menghadapi terjadi krisis pangan akibat pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Gerakan mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif yang dilakukan oleh Kodim dan Koramil melalui Babinsanya, diharapkan bisa dicontoh oleh warga desa setempat untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif yang ditanami umbi-umbian.

“Kami terus menghimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan agar mau memanfatkan lahan tidur menjadi lahan yang bisa ditanami singkong dan sejenisnya. Hal ini dilakukan agar kesiapan ketahanan pangan bisa teratasi,” jelas Letda Inf Agus Riyadi.

Kegiatan ini, imbuh Letda Inf Agus Riyadi, juga sudah menjadi program dari Kodam V/Brw dimana seluruh satuan bawah agar bercocok tanam menanfaatkan lahan tidur diubah menjadi lahan yang bisa ditanami. “Mulai sekarang mari kita rajin berkebun, sambil berdoa agar tidak terjadi bencana krisis pangan,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button