Jawa Tengah

Antisipasi Terjadinya Bencana Alam selama Cuaca Ekstrem, Polres Brebes Rakor Lintas Sektoral

BeritaNasional.ID, Brebes – Sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Polres Brebes menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, bertempat di Aula Tantya Sudhirajati Polres Brebes, Rabu (19/10/2022).

Rakor ini sebagai bentuk antisipasi dalam penanggulangan terjadinya bencana alam di Kabupaten Brebes memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrem.

Dalam sambutannya, Kabag Ops Polres Brebes AKP Dodiawan menyampaikan bahwa TNI, Polri beserta instansi terkait yang ada di Kabupaten Brebes peduli dan siap untuk turun langsung mengantisipasi penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi.

“Tahapan-tahapan penanggulangan bencana ini ada tiga tahapan yang pertama adalah bencana sebelum terjadinya bencana tahapan tanggap darurat pada saat ada terjadinya bencana dan tahapan pasca bencana,” ucap Kabag Ops.

Sementara itu Kepala BPBD Nushy Mansur menjelaskan kondisi Kabupaten Brebes merupakan daerah yang rawan bencana baik secara fisiografis, geografis, geologis, hidrologis dan demografis.

Hampir seluruh potensi ancaman bencana berada di Kabupaten Brebes dengan tipe dan jenis bencana yang bervariasi dan frekuensi cukup tinggi.

“Permasalahan yang dihadapi yaitu perubahan iklim yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem kerusakan daerah aliran sungai akibat alih fungsi lahan yang terjadi secara masif sehingga menyebabkan laju sedimentasi yang tinggi daya tampung sungai berkurang karena rusaknya bangunan pengendali air,” jelasnya.

Ditambahkan, perilaku masyarakat yang mengabaikan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan, melakukan kegiatan di bantaran sungai, mendirikan bangunan di lokasi rawan longsor dapat menimbulkan terjadinya bencana.

Menurut Nushy, pihaknya mengupayakan penanganan darurat pertama bencana secara mandiri sebelum penanganan lanjutan, dan menentukan rencana lokasi pengungsian yang aman.

Disamping itu, selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan bencana. Salah satu caranya yakni mencantumkan ataupun memberikan kontak person yang dapat dihubungi setiap saat apabila ada kejadian bencana.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button