Jawa Tengah

Antisipasi Terjadinya Tragedi Seperti Kanjuruhan, Konser Slank dan Gigi Dipindah ke PAI Tegal

BeritaNasional.ID, Tegal – Konser musik Slank dan Gigi serta artis lainnya yang awalnya akan diadakan di Stadion Yos Sudarso Kota Tegal pada 15 Oktober 2022, akan dipindah ke Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat saat konferensi pers yang berlangsung di Lobi Mapolres Tegal Kota, Senin (10/10/2022).

“Setelah kami bersama dinas terkait dan panitia penyelenggara melakukan assesmen dan melalui berbagai pertimbangan, maka kami telah mangambil keputusan untuk konser Slank, Gigi dan artis lainnya lokasinya dipindah ke Pantai Alam Indah Kota Tegal,” ungkap AKBP Rahmad Hidayat.

Hal tersebut menurut Kapolres sudah dilakukan kajian dan pertimbangan keamanan, serta untuk mengantisipasi terjadinya tragedi seperti di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Sedangkan waktu pelaksanaan konser akan dilaksanakan pada Sabtu siang 15 Oktober 2022 mendatang, dengan pengamanan gabungan dari Polri dibantu TNI, Satpol PP dan pihak terkait lainnya.

Pihaknya juga akan melakukan pengamanan secara ketat terhadap jalannya kegiatan konser musik tersebut.

“Kami akan menerjunkan sekitar 500 personel gabungan baik dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD serta dinas terkait.  Nantinya, juga akan dilakukan rekayasa arus lalulintas yang menuju pintu masuk PAI,” ujar Kapolres.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemenggalan dan pemeriksaan terhadap calon pengunjung konser. Sehingga, diharapkan mereka tidak membawa benda-benda yang berbahaya.

“Kita juga berharap agar pengunjung tidak membawa benda berbahaya. Sehingga dampaknya kegiatan ini akan berjalan dengan aman dan tertib,”

Terkait dengan kondisi cuaca di sekitar PAI, pihaknya berharap tidak akan terjadi hujan saat konser berlangsung meskipun saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Sementara Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi tempat penyelenggaraan. Karenanya, pihaknya siap untuk menyediakan tempat.

“Untuk teknisnya nanti akan kita koordinasikan dengan pihak keamanan sehingga selama konser bisa berjalan dengan baik. Untuk kantong parkir kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, penanggung jawab penyelenggara, Abdurrohim, mengatakan bahwa pihak penyelenggara mempunyai media sosial yang bisa diakses sebagai informasi konser Slank dan Gigi di Kota Tegal.

“Pihak penyelenggara mempunyai media sosial baik Instagram, Facebook, TikTok maupun lainnya yang digunakan sebagai informasi acara ini dengan nama Tegal Festival,” terangnya.

Abdurrohim menyebut tiket yang sebelumnya ada 4 kategori, setelah ada keputusan dipindah tempat penyelenggaraan maka tidak ada kategori harga tiket.

“Sebelumnya karena acara dilaksanakan di Stadion Yos Sudarso maka tiket ada kategori, tapi karena lokasi dipindah ke PAI maka tidak ada kategori tiket, semua sama yaitu harga tiket Rp125 ribu,” jelasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button