Pemkab Sidrap

Aparat Desa Di Sidrap Dibekali Aplikasi Siskeudes Versi Anyar

BeritaNasional. ID Sidrap, — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sidenreng Rappang menyelenggarakan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Versi Anyar 2.0, di Aula Kantor SKPD Kantor Bupati Sidrap, Kamis 24 Januari 2019.

Materi pelatihan dalam Siskeudes yakni cara mengoperasikan aplikasi Siskeudes versi 2.0 dan gambaran umum aplikasi Anyar itu. Apa-apa saja isinya, serta apa yang membedakan dengan versi yang lalu.

Kepala Dinas PMDPPA Sidrap, Andi Patahangi Nurdin, saat membuka kegiatan berharap aparat desa dalam pelatihan itu bersungguh-sungguh dan menyimak dengan baik apa yang dijelaskan oleh pemateri.

“Versi baru ini perlu dipahami bersama, karena akan digunakan dalam pengelolaan keuangan ke depan,” ungkap Patahangi.

Sementara, Jarot Setiyadi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, aplikasi Siskeudes dibuat untuk memudahkan pengelolaan keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaporan atau pertanggungjawaban.

“Aplikasi Siskeudes dikoordinasi oleh Pemerintah Daerah, dan diterapkan seluruh Desa dalam wilayah Pemerintah daerah yang bersangkutan,”terang Jarot.

Perlu diketahui, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa mencabut Permendagri Nomor 113 Tahun 2014.

Dengan dikeluarkan peraturan tersebut, menuntut adanya penyesuaian antara regulasi dan aplikasi. Oleh sebab itu, dirilislah aplikasi Siskeudes Versi 2.0 dan menggantikan rilis yang lama, urai Jarot.

Kegiatan tersebut diikuti para Aparat Desa Lingkup Pemkab Sidrap.

Laporan : Risal Bakri
Editor     : Muhammad Yahya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button