TNI Dan Polri

Apel Gabungan Serentak, Dandim 1402/Polmas Tegaskan Netralitas TNI

Apel Pengamanan Pileg 2019

 

Polman.Sulbar. Berita Nasional.ID– TNI-Polri di Kabupaten Polewali Mandar gelar apel serentak pengamanan pileg dan pilpres tahun 2019 di Lapangan Pancasila Polman. Jum’at (22/3/2019).

Ditemui Usai apel serentak, Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto mengatakan akan mengerahkan prajurit Kodim 1402/Polmas di dua Kabupaten untuk BKO-kan ke Polres Polman dan Mamasa yang merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas.

Selain itu dikatakan Letkol Dedi Setia Bahwa Dalam Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang, TNI khususnya di wilayah Kodim 1402/Polmas berkomitmen untuk menjunjung tinggi netralitasnya demi menjamin pemilu berlangsung aman dan damai.

“Penegasan ini merupakan instruksi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi untuk menciptakan anggota TNI di jajaran Kodam Hasanuddin yang menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan pemilu,” Jelas Letkol Dedi Setia

Menurutnya, Netralitas TNI terdiri dari sikap netral anggota dengan tidak memberi dukungan kepada salah satu kontestan, Perorangan maupun melalui satuan juga tidak berkampanye atau memberi dukungan dalam bentuk apapun.

Perorangan dan fasilitas satuan tidak dilibatkan di luar tugas dan fungsi TNI dan tidak ikut campur tangan dalam menentukan dan menetapkan peserta pemilu.

Prajurit TNI khususnya Kodim 1402/Polmas, lanjut Dandim, tidak menggunakan hak pilihnya, mengamankan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

Selain itu, anggota juga dilarang untuk memberi komentar, penilaian, diskusi, pengarahan dan pernyataan yang bersifat mempengaruhi orang lain.

Khusus untuk isteri, suami atau anak, hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara sehingga institusi dilarang memberi arahan dalam menentukan pelaksanaan dari hak memilih tersebut.

Laporan: Zaenal

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button