TNI Dan Polri

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP RI I, Pangdam VII Hasanuddin dan Kapolda Sulbar Pimpin Apel Bersama

Mamuju.Sulbar.Berita Nasional.ID — Bersama Pangdam VII Hasanuddin Mayjen Surawadi, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si memimpin langsung pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan VVIP RI 1 yaitu Presiden Ir. H. Joko Widodo bersama Ibu Hj. Iriana Joko Widodo, Rabu (27/3/19).

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Markas Komando Kodim 1418 Mamuju juga dihadiri langsung oleh Kabinda, Danrem 142 Tatag, Danlanal Mamuju, Para Pejabat Utama PoldaSulbar dan Korem 142 tatag, Kapolres Mamuju dan Dandim 1418 Mamuju serta seluruh pasukan upacara. Sebelumnya kegiatan serupa berupa pengamanan VVIP juga telah dilakukan yaitu saat RI 4 berkunjung ke Sulawesi Barat di Kab. Mamuju 2 (dua) pekan lalu.

Dalam pengamanan kali ini, untuk lebih menjamin keamanan dan ketertiban RI I dan seluruh rombongannya TNI/POLRI menyiagakan 1.500 (Seribu Lima Ratus) Personil. Pangdam VII Hasanuddin Mayjen Surawadi dalam amanatnya menyebutkan bahwa apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini, merupakan momen yang sangat penting dan efektif untuk mengecek kesiapan personil dan materiil serta sarana maupun prasarana pendukung dari unsur satuan pengmanan TNI-POLRI dan aparat lain yang terlibat dalam pengamanan kunker RI-I di wilayah Kab. Mamuju.

Untuk itu, hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas harus terus dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan terkoordinir dan yang terpenting semua personil paham tugas dan perannya masing-masing.

“Pegang teguh aturan yang berlaku hindari terjadinya pelanggaran hukum dan HAM serta jalin komunikasi, sinergitas dan jaga soliditas antara aparat sebabaik mungkin guna menghindari terjadinya kesalahpahaman dilapangan.” Tuturnya.
Disamping itu, diakhir sambutannya, Pangdam VII Hasanuddin Mayjen Surawadi juga menekankan 3 hal kepada seluruh personil dan unsur terkait yaitu :

1. Seluruh personil yang terlibat pengamanan agar segera menyesuaikan apabila dinamika atau perubahan dilapangan.
2. Laksanakan koordinasi melekat dengan seluruh aparat/instansi terkait guna melancarkan kegiatan pengamanan.
3. Pegang teguh disiplin, pahami rantai komando serta perhatikan faktor keamanan personil maupun materil.
Ditempat yang sama, Kapolda Sulbar juga mengingatkan kepada seluruh personil agar memahami tugas dan tanggung jawab yang di emban dengan meningkatkan koordinasi seluruh unsur terkait sehingga tugas terlaksana dengan baik.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button