ACEH

Arung Jeram Diharapkan Dapat Dongkrak Peminat Wisata Agusen

image_pdf

BeritaNasional.ID-Gayo Lues-Adanya sarana arung jeram di tempat Wisata Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh diharapkan dapat meningkatkan minat wisataan lokal maupun luar untuk mengunjungi Agusen.

Harapan ini, disamapiakn, Junaidi, Ketua Sebujang, sekaligus pengelola sarana wisata tersebut.

“Dengan kita sediakan sarana-sarana penunjang. Kita harapkan banyak wisatawan yang berkunjung,” katanya, Senin (02/12/2019).

Sejauh ini, ucap Junaidi, warga yang berkunjung hanya dapat menikmati sarana tubing dan berenang di sungai, padahal masih banyak sarana-sarana wisata yang dapat di kembangkan.

Mendongkrak minat wisata tersebut. Desa Agusen, melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) menyediakan sebanyak dua buah fasilitas arung jeram yang dikelola BUMK. Adanya sarana ini juga diupayakan dapat menambah pemasukan BUMK di sana.

Pengulu Desa Agusen, Ramadan menyampaikan, wisata ini akan dibuka setiap hari, namun saat ini hanya diprioritaskan pada hari Sabtu dan Minggu. Karena, hari tersebut merupakan hari libur sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata Agusen.

“Kalau memang minat pengunjung tinggi, kita akan buka setiap hari,” ucapnya.

Wisatawan arung jeram akan dibimbing pemandu dengan pemberdayaan masyarakat setempat, terutama kalangan pemuda. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi pengangguran.

“Dengan peningkatan fasilitas, kita dapat memberdayakan masyarakat desa. Sehingga mereka memiliki kegiatan yang positif dan menghindarkan dari tindakan negatif, apalagi Agusen di kenal dengan masalah ganja,” ucap Pengulu desa tersebut.

Kepala Desa Agusen juga berharap, adanya penambahan sarana wisata di Agusen. Pemerintah juga dapat meningkatkan sarana pendukung lainnya, karena sarana disana dia nilai masih sangat minim.(Abu Bakri)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close