Eks Keresidenan Madiun

Arus Balik dari Stasiun Wilayah Daop 7 Meningkat

BeritaNasional.ID, Madiun – Masa angkutan lebaran sudah memasuki hari ke-15, atau H2+3. Data penumpang pada hari Rabu 26 April 2023, berdasarkan data pada pukul 10.00, sebanyak 9.768 penumpang yang akan berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun. Dengan keberangkatan KA-KA jarak jauh dari beberapa stasiun, seperti Stasiun Madiun sebanyak 3.581 penumpang, Stasiun Kertosono sebanyak 716 penumpang, Jombang sebanyak 747 penumpang, Kediri sebanyak 929 penumpang, Tulungagung sebanyak 866 penumpang, Blitar 675 dan dari stasiun keberangkatan lainnya sebanyak 1.287 penumpang.

Data mulai tanggal 12 April sampai dengan 26 April 2023, Stasiun-stasiun di wilayah Daop 7 Madiun sudah melayani penumpang sebanyak 102.638, sedang yang turun 147.537 penumpang.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto menyebut bahwa situasi arus balik di wilayah Daop 7 Madiun mengalami peningkatan mulai tanggal 23 April dengan penumpang berangkat sebanyak 11.362, 24 April sebanyak 13.401, dan tanggal 25 April sebanyak 14.044 penumpang berangkat.

Mengatisipasi hal tersebut, KAI telah melakukan berbagai persiapan sehingga pelayanan kepada pelanggan KA dapat dilakukan dengan baik dan lancar. Dari data keberangkatan penumpang, puncak dari arus balik terjadi pada tanggal 25 April 2023 sebanyak 14.044 berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun. Dan arus balik penumpang masih akan ramai hingga tanggal 3 Mei 2023.

PT KAI mengingatkan calon penumpang KA, untuk memperhitungkan waktu tempuh dari rumah menuju stasiun keberangkatan. “Pelanggan KA dihimbau agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan, mengingat lalulintas di jalan raya juga padat. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal kereta”, pesan Supriyanto.

PT KAI tetap menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, agar perjalanan kereta api tetap aman, nyaman dan sehat.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” info Supriyanto

“KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan perjalanan KA yang masih tersedia. Pemesanan tiket dapat dilakukan di KAI Access, web KAI, atau seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” terangnya.

Pada masa angkutan lebaran 2023 ini, moda transportasi kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang menjadi solusi ditengah padatnya arus lalu lintas. Hal ini karena kereta api memiliki keunggulan dibanding transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, nyaman, dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Saat ini masih terdapat beberapa tiket yang tersedia seperti KA Brantas, KA Singasari, dan KA Bangunkarta. KAI juga memberikan fasilitas tarif khusus yang cukup terjangkau untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dalam jarak pendek, seperti Madiun-Semarang, Madiun-jogja, Madiun-Jombang. Adapun tiket tarif khusus bisa dibeli mulai 2 jam sebelum keberangkatan KA di KAI Access, selama tempat duduk masih tersedia.

Selain itu, KAI Daop 7 Madiun mengimbau agar para pengguna selalu memperhatikan aturan dan syarat barang yang boleh dibawa saat naik KA jarak jauh. Ukuran barang yang boleh dibawa saat naik KA dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Selain itu para pengguna tidak diperbolehkan membawa hewan, senjata api dan senjata tajam, barang yang mudah terbakar serta makanan yang berbau menyengat. (is/hms)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button