Sulawesi

As’adiyah Berhasil Raih Juara pada MQK antar Pondok Pesantren se-SulSelBar

BeritaNasional.ID, Barru- Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang berhasil raih juara Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) antar Pondok Pesantren se-SulSelBar yang diadakan Pesantren DDI Mangkoso, Kamis 9 Januari 2020.

Dalam lomba itu Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang berhasil peroleh 5 Juara, diantaranya:
1. Tiara Alim Rinawa, Juara 1 marhalah ulya kitab Fathu al-Muin
2. Nur Syafiqa ,Juara 2 marhalah wustha kitab Fath al-Qarib
3. Ahmad Ifdha Syuaib, Juara 3 marhalah wustha kitab Ta’lim al-Muta’allim;
4. Sakinah, Juara 3 marhalah wustha kitab Fath al-Qarib;
5. Azimah Subwehi, Juara 3 kitab Matn al-Ajurumiyah.

Hasmuliadi Hasan salah satu pembina Pondok Pesantren As’adiyah yang juga mendampingi peserta pada lomba MQK itu pada saat dikonfirmasi BeritaNasional.ID membenarkan hal itu.

“Alhamdulillah Peserta As’adiyah berhasil peroleh 5 Juara,”ucapnnya.

Sekedar diketahui MQK itu juga dirangkaikan Peringatan Milad ke-81 Pondok Pesantren DDI Mangkoso yang juga dirangkaikan dengan Haul ke-23 AGH. Abdurrahman Ambo Dalle.

Yang mana kegiatan MQK ini diikuti sebanyak 12 Pesantren se-SulSelBar dengan 5 kitab yang dilombakan dengan 3 marhalah (tingkatan) putera dan puteri yaitu: marhalah ula (Kitab Matn al-Ajurumiyah dan Safinah al-Najah), marhalah wustha (Ta’lim Muta’allim dan Fath al-Qari) dan marhalah ulya (kitab Fath al-Muin).

Dengan ketegori penilaian, membaca, menerjemahkan, menjelaskan kedudukan setiap kata dan menjelaskan kalimat dalam kitab kuning yang dilombakan.

Acara ini diketahui di samping sebagai wujud kecintaan terhadap warisan ulama berupa kitab turats yang sarat dengan pengetahuan, MQK ini juga sebagai ajang silaturrahim antar pesantren se-SulSelBar.(MY)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button