DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Ba.Otsus Kodim 0823 Situbondo, Dilatih Puldata Ter di Wilayah Desa Kendit

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JAWA TIMUR, – Bintara Otonomi Khusus (Ba.Otsus) Kodim 0823 Situbondo asal Papua melaksanakan pelatihan dan praktek Puldata Ter yang berlangsung di Balai Desa Kendit dan Koramil 0823/06 Kendit, Kabupaten Situbondo, Jumat (3/9/2021).

Bintara Otonomi Khusus ini dilatih pendalaman materi teritorial di Balai Desa Kendit oleh Koramil 0823/06 Kendit. Kegiatan ini bersifat kesinambungan sebelum personil tersebut memasuki medan tugas yang sesungguhnya.

Sebanyak 11 orang Bintara Otonomi Khusus berusia remaja yang berasal dari Kodam XVIII Kasuari, saat ini menimba ilmu Babinsa di Kodim 0823 situbondo. Mereka akan dibekali tentang ilmu Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan terjun langsung ke masyarakat di wilayah Kabupaten Situbondo selama 2.5 bulan.

Pelatihan dan praktek bertempat di Balai Desa Kendit berupa pendalaman materi teritorial. Karena data teritorial tersebut sangatlah penting bagi satuan komando kewilayahan. Karena terlaksananya kegiatan pembinaan teritorial berpedoman pada data teritorial. Seperti dalam program ketatalaksanaan pembinaan teritorial, suatu kegiatan penyusunan administrasi sesuai pentahapannya.

“Pengumpulan data teritorial, analisa kejadian yang dituangkan dalam tabulasi data, membuat rencana pembinaan teritorial dan laporan kegiatan pembinaan teritorial kepada satuan komando atas. Maka data teritorial ini sangatlah penting dan harus selalu diperbaharui dengan cara melakukan koordinasi ke pemerintah daerah. Kegiatan ini bersifat kesinambungan sebelum personil tersebut memasuki medan tugas yang sesungguhnya,” jelas Pasi Ter Kodim 0823 Situbondo Kapten Inf Hadi Sujipto saat mendampingi anggota Ba.Otsus asal Papua melaksanakan praktek Puldata Ter di Kantor Desa Kendit.

Lebih lanjut, Pasi Ter Kodim 0823 Situbondo Kapten Hadi Sujipto menjelaskan, 11 bintara yang menimba ilmu di Kodim 0823 Situbondo ini lulusan Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD Tahun 2021 yang berasal dari Kodam XVIII Kasuari. Mereka dikirim ke Kodim Situbondo untuk melaksanakan kegiatan latihan kerja (OJT) aplikasi atau praktik pendalaman materi teritorial. “Di Kodim 0823 Situbondo, mereka dilatih meningkatkan kemampuan penguasaan tugas teritorial dan peningkatan wawasan kebangsaan serta nasionalisme,” terang Kapten Hadi Sujipto.

Diharapkan setelah menimba ilmu di Kodim 0823 Situbondo, sambung Kapten Hadi Sujipto, nantinya mereka para bintara remaja ini akan siap dan menjadi babinsa yang handal saat melaksanakan tugas yang sesungguhnya di daerah Papua.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan ini dihadiri pembina pendamping 10 orang, Danramil 0823/06 Kendit Kapten Inf Joni Kiswanto, Babinsa Koramil 0823/06 Kendit, Kades Kendit Rudiyanto bersama perangkat desa, Tokoh Agama KH. Zamzam dan Tokoh Masyarakat Suhada.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button