Jawa TimurProbolinggo

Babinsa Kanigaran Probolinggo Bantu Petani Panen,Terus Sukseskan Ketahanan Pangan

BeritaNasional.ID. PROBOLINGGO JATIM – Kemanunggalan TNI dan rakyat terjalin begitu dekat dan solid, hingga dalam berbagai kegiatan atau aktifitas masyarakat. Menjadi Salah satu peran Babinsa adalah membina masyarakat di wilayah tanggung jawab teritorialnya. Hal ini dilakukan dengan setulus hati untuk membantu dan peduli kepada warga sekitar demi terwujudnya Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Seperti yang dilakukan Sertu Hasbul halili anggota Koramil 0820/ 01 Kanigaran mendampingi petani panen jagung di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, Minggu (3/12).

Kegiatan panen jagung yang berlangsung dilahan milik Samawi (62), yang dilakukan secara manual dengan bantuan tenaga buruh tani setempat dan kerabat.

Kita sebagai Babinsa harus menjadi motor penggerak dalam mensukseskan ketahanan pangan wilayah binaan, dengan memberikan dorongan serta pengetahuan agar mengolah lahan pertanian secara maksimal sehingga hasilnya lebih optimal dan mampu memenuhi kebutuhan sehari–hari.

Sementara itu, pemilik lahan jagung, Samawi, merasa senang dengan kehadiran Babinsa di lokasi panen jagung miliknya. Samawi juga sangat bersyukur karena meski kemarau, lahan jagung yang dikelolanya bisa dipanen dan hasilnya cukup baik.

Pada waktu dan tempat yang berbeda, Danramil 0820/01 Kanigaran, Kapten Czi Lalu Fahrial mengungkapkan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah tanggung jawab teritorial mereka masing-masing

“Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen, namun sudah berlangsung mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian, masa tanam, dan masa perawatan,” ungkapnya.

Danramil berharap, dengan kehadiran Babinsa di lapangan mampu memotivasi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian sehingga siklus pangan tetap terjaga, tegasnya kepada awak media yang menemuinya.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button