TNI Dan Polri

Babinsa Bantu Perehapan Rumah Warga

BeritaNasional.ID, Boyolali – Babinsa Desa Kembangsari Koramil 02/Musuk Kodim 0724/Boyolali Serda M Slamet S dan Sertu Sumanto bersama warga sekitar membantu perehaban rumah tak layak huni (RTLH) milik ibu Lilik Purwaningsih SH C.N (79) Dukuh Gatak, Desa Kembangsari, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Kegiatan ini diprakarsai oleh FMPD ( Forum masyarakat Peduli Desa). Minggu (09/02).

Pemilik rumah Lilik Purwaningsih mengeluhkan pada saat musim hujan seperti sekarang ini air hujan sering masuk ke dalam rumah, disamping itu bangunan yang ditempatinya ini seakan mau roboh bila tertiup angin.

Penghasilannya dari buruh tani tidak bisa diandalkan untuk membenahi rumahnya yang rusak. Pasalnya, uang yang didapatkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan kadang kurang.

Kegiatan ini dirasakan pemilik rumah sangat membantu warga yang kurang mampu yang ada di Desa Kembangsari tersebut. Dengan adanya bedah rumah ini yang tadinya rumah tidak layak huni menjadi layak huni.

Namun, kini dia bisa tersenyum lebar, dan sudah tidak khawatir lagi ketika musim hujan. Karena rumahnya mendapat bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Rumahnya sudah diperbaiki oleh Babinsa Koramil 02/Musuk bersama dengan warga sekitar, sehingga dia bisa tidur dengan tenang di malam hari.

Danramil 02/Musuk Kapten Inf Mustaqim mengatakan, melalui program RTLH ini diharapkan warga bisa meingkatkan kelangsungan hidupnya. Baik dari sisi ekonomi dan juga kesehatan.

Peran Babinsa ini disamping membantu pelaksanaan perbaikan rumah warga, juga bertujuan sebagai wujud Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dalam pelaksanaan tugas kewilayahan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kembangsari Sriwanto, menyampaikan, bahwa peran Babinsa di Desanya masih sangat diperlukan, sehingga kehadirannya dapat membawa solusi positif.

Ditemui disela-sela kegiatan Babinsa Kembangsari Koramil 02/Musuk Kodim 0724/Boyolali Sertu Sumanto mengatakan, kegiatan ini juga dapat menjalin hubungan tali asih dan komunikasi sosial dengan masyarakat di Desa binaan, sehingga sasaran tugas pokok Pembinaan Teritorial (Binter) bisa tercapai sesuai harapan.

“Sebagai ujung tombak TNI AD, Babinsa akan selalu membantu mengatasi kesulitan rakyat dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat wilayah binaan,” Ujar Sertu Sumanto.

Sertu Sumanto berharap, ke depan untuk program bedah rumah ini menjadi motivasi pada kegiatan lain dan pada tahun berikutnya bisa ditambah alokasi jumlah pembangunan rumah warga yang kurang mampu.(Agus Kemplu)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close