Daerah

Bupati Dadang Launching Kalender Event Wisata Kabupaten Situbondo 2020

Berbarengan Dengan Imlek dan Peringatan Tahun Baru Cina 2571

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Bertepatan dengan peringatan Imlek atau Tahun Baru Cina 2571 yang digelar Xi Hua Situbondo Huaren bekerjasa dengan Dinas Pariwisata dan Dewan Kesenian Situbondo, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH melaunching kelender event wisata Kabupaten tahun 2020, Minggu (9/2/20).

Semarak Imlek dengan tema “Bersama Kita Bisa” yang berlangsung di alun alun Situbondo pada Sabtu malam tersebut , dihadiri Waka Polres Situbondo Kompol Zein Mawardi, Kajari Situbondo Nur Slamet SH, MH, Kasdim 0823 Situbondo, para kepala OPD Pemkab Situbondo, anggota DPRD Situbondo, keluarga besar komunitas Tionghoa Situbondo dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan Imlek yang diisi dengan kesenian khas Situbondo tari Landung, Barongsai, vocal group, tarian anak, line dance cha cha, penyanyi solo Mandarin, line dance chili cha cha, pesta kembang api dan tausiah kebangsaan yang disampaikan oleh Ustadz Oei Cin Hai atau Muhammad Nasrullah.

Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto SH dalam sambutannya mengatakan, pihaknya yakin banyaknya pariwisata di daerah akan dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pariwisata sehingga Kabupaten Situbondo akan bisa dikenal oleh para pelancong manca negara.

“Jika masyarakat ingin berpartisipasi dalam dunia pariwisata sebenarnya sangat mudah sekali. Masyarakat bisa mempromosikan destinasi wisata di daerah menggunakan media sosial dan lain sebagainya. Karena partisipasi atau dukungan masyarakat dalam dunia pariwisata yang ada di daerah ini juga menentukan ramai dan tidaknya pariwisata di Kabupaten Situbondo yang telah di bangun oleh pemkab,” ujar Bupati Dadang.

Untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Situbondo, sambung Bupati Dadang, maka pemerintah dan masyarakat harus mau kompak mempromosikan destinasi wisata yang telah disedikan pemerintah daerah. “Ada 13 destinasi wisata di Kabupaten Situbondo yang telah di bangun oleh pemerintah, diantaranya Kampung Blekok yang telah mendapat penghargaan wisata alam terbaik di Jawa Timur, Kampung Kerapu yang mendapat perhatian dari Bapak Joko Widodo Presiden RI, Wisata Pantai Pasir Putih yang telah di bangun hotel mewah dan yang lainnya,” bebernya.

Selain itu, Bupati Dadangjuga mengatakan, pihaknya sangat berharap ada peran serta masyarakat dalam memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Situbondo.

“Birbicara tentang pariwisata tidak cukup disediakan stimulan insfrastruktur. Namun yang paling berat dalam pariwisata adalah membangun peradaban masyarakat agar sadar wisata. Misalnya yang petani bisa merubah minside nya supaya hasil pertaniannya bisa menjadi daya tarik wisata,” ujarnya.

Yang pedagang, kata bupati, juga harus mempersiapkan sentra-sentra pergangan yang strategis agar bisa menarik tujuan wisata.

“Yang industri rumah tangga juga harus berlomba lomba mencari cara supaya oleh-oleh khas Situbondo ini semakin beragam. Yang seniman, budayawan dan seluruh elemen masyarakat kalau sudah partisipasi tinggi terhadap pariwisata, maka niscaya pariwisata yang ada di Kabupaten Situbondo akan terkenal di manca negara,” pungkas Bupati Dadang. (Sony) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close