DaerahJawa TimurSitubondo

Badan Hisab Rukyat : Hilal Tak Terpantau Dari Pelabuhan Kalbut Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Situbondo Irfan Hilmi usai melaksanakan Rukyatul Hilal di Pantai Kalbut, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo mengatakan bahwa, hilal tidak berhasil di lihat karena secara hisap hilalnya tidak memungkinkan untuk diamati, Minggu (10/03/2024).

“Selain faktor cuaca mendung, secara hisap hilalnya tidak memungkinkan untuk diamati. Di Situbondo hilal tidak bisa di pantau. Posisi hilal ketinggiannya tidak sampai satu derajad dan itu sangat menyulitkan. Sehingga kami melaporkan ke Kemenag dan PBNU,” jelas Irfan Hilmi.

Keputusan akhir mengenai pengamatan hilal ini, kata Irfan Hilmi, yakni sidang isbath pemerintah. “Kewajiban kita melakukan pengamatan hilal, kemudian dilaporkan. Semua laporan se Indonesia akan di kumpulkan di kemenag-kemenag dan masing-masing oraganisasi yang ikut mengamati hilal,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Irfan Helmi, namun dia menjelaskan bahwa, selama melakukan pengamatan hilal di tepi Pantai Pelabuhan Kalbut, Kabupaten Situbondo, hilal jarang sekali di terpanatu. “Dari tahun 2006, seingat saya hanya tiga kali hilal yang terpantau di Pelabuhan Kalbut Situbondo,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button