Soppeng

Bahas Strategi Pemerintahan, Pemda Soppeng Ikuti Acara Webinar Series KAPSIPI

BeritaNasional.ID, Soppeng – Pemerintah daerah Kabupaten Soppeng mengikuti acara Webinar Series Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (KAPSIPI) di Ruang SCC Lamataesso, Sabtu (1/8/2020).

Agenda acara ini ialah membahas tentang strategi pemerintah daerah menghadapi adaptasi kebiasaan baru.

Acara ini dibuka oleh Prof. Utang Suwaryo (Ketua Umum KAPSIPI), Guru Besar Ilmu Pemerintahan UNPAD, dimana beliau menjelaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah harus mempunyai strategi dalam menghadapi adaptasi kehidupan baru ini, sehingga pemerintah memiliki tugas untuk memberantas, mencegah dan
meminimalisir dengan berbagai strategi.

“Dengan demikian melalui Webinar ini kita mencari tahu pengalaman bagaimana strategi daerah yang diambil, sejauh mana tantangan dan keberhasilan yang dihasilkan dari berbagai daerah, sehingga kita dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam menghadapi Covid-19 ini,” jelasnya.

Menurutnya, permasalahan Covid-19 ini tidak bisa dihadapi secara sepihak dan diam di rumah, tetapi mau tidak mau harus hidup secara berdampingan dengan virus ini, karena bagaimanapun ekonomi harus tetap berjalan.

Bupati Soppeng selaku Narasumber dalam acara ini turut memjelaskan bahwa dalam menghadapi situasi saat ini, tidak boleh terlihat lemah di tengah masyarakat karena dirinya adalah abdi masyarakat.

“Dimana sejak Presiden memberitahukan kasus positif pertama, saat itulah kami mulai mengantisipasi segala sesuatunya mulai dari APD, Penyemprotan Desinfektan dan menyiapkan petugas-petugas jikalau wabah ini benar-benar terjadi kami akan siap dan kami juga memisahkan pelayanan umum dan pelayanan khusus untuk Covid-19 ini serta kami juga mengadakan mesin PCR dengan segala pendukung dan masukan dari para ahli,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam sesi tanya jawab, Bupati Soppeng menjelaskan bahwa ada 3 strategi yang dipakai di Kab. Soppeng yaitu mengoptimalkan peran pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang, mengkolabori kearifan lokal dengan hasil ilmu pengetahuan, terwujudnya persamaan persepsi antara pemerintah dan masyarakat terkait strategi kebijakan dalam mengahadapi adaptasi kebiasaan baru ini.

Adapun Narasumber lainnya yaitu: Yakobus Dumupa (Bupati Dogiyae – Papua), Airin Rachmy Dianty (Walikota Tangerang Selatan – Banten), Prof. Samugyo Ibnu Redjo (Guru Besar Ilmu Pemerintahan UNPAD), Rodriques Servatius (Akademisi Ilmu Pemerintahan UNWIRA Kupang).

Turut mendampingi Bupati Soppeng, Staf Ahli Bupati, Kabag Organisasi Setda, Kabag Pemerintahan, serta Kadis Kominfo. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close