DaerahJawa TimurRagam

Bakesbangpol Bondowoso Sebagai Fasilitator Pada Pesta Demokrasi Pemilu dan Pilkada

BeritaNasional.id, Bondowoso Jawa Timur – Tahun 2024 mendatang pesta demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso akan dilaksanakan. Untuk menciptakan pesta demokrasi Pilkada yang kondusif dan berkwalitas, maka warga Bondowoso harus mau memahami tahapan-tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah sekaligus Pemilihan Umum, Kamis (2/3/2023).

“Organisasi Kemasyarakat (Ormas) mempunyai peran penting untuk menyadarkan masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi Pilkada maupun Pemilu. Karena Ormas bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelas Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Ir. Winarto kepada wartawan.

Menurut Winarto, salah satu fungsi Bakesbangpol adalah Intermediary Institution, yaitu mediator antara masyarakat dengan pemerintah, antara Ormas dengan pemerintah, dan antar Ormas. “Oleh karena itu, Ormas harus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pesta demokrasi yang sehat. Agar pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu pada tahun 2024 di Bondowoso betul-betul berkwalitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Winarto mengatakan, Ormas dan Non Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus mempunyai pendidikan dan literasi politik yang mumpuni. “Ini tugas Bakesbangpol untuk memberdayakan Ormas dan NGO agar memiliki kemampuan dalam menyampaikan pendidikan dan literasi politik pada Pilkada dan Pemilu 2024 mendatang,” jelas Winarto.

Ditempat yang sama, Hevi Irmawati, Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri Poldagri mengatakan bahwa, tugasnya sebagai fasilitator untuk menginpentarisir Parpol, Ormas, dan LSM yang ada di Kabupaten Bondowoso.

“Secara pribadi dan kelembagaan, saya berharap Pemilu maupun Pilkada di Kabupaten Bondowoso bisa berkhalitas. Kandidat yang mencalonkan sebagai Bupati, Wakil Bupati, dan Wakil Rakyat, jika terpilih bisa menepati janji kampanyenya,” harap Hevi.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button