NasionalSumatera

Bangun GOR dan Museum Tapis. Johny Corne: Pesawaran Memiliki Keunggulan Prestasi Olah raga dan Pariwisata

BeritaNasional.ID, Pesawaran – Staf Khusus Kebijakan Daerah Kabupaten Pesawaran Johnny Corne menjelaskan rencana pemerintah Kabupaten Pesawaran melakukan pinjaman dari PT Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) untuk pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Museum Tapis sudah melalui proses panjang dan penuh perhitungan.

Dia mengatakan bahwa pinjaman PT. SMI secara koridor hukum tidak bisa untuk membangun perkantoran, sehingga tidak relevan jika membandingkan dengan pertanyaan peruntukan pinjaman untuk pembangunan GOR bukan kantor.

“Karena memang pemkab tidak bisa memakai pinjaman untuk membangun kantor,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, melihat kondisi perekonomian masyarakat yang dalam upaya pemulihannya sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah. Dimana melihat keunggulan wilayah, prestasi olah raga dan potensi pariwisata yang dimiliki, dinilai sangat tepat untuk sesegera mungkin membangun Museum Tapis dan Pusat Kegiatan Olah Raga di Kabupaten Pesawaran.

Atas dasar pertimbangan tersebut, lanjutnya, pembangunan Museum Tapis dan GOR dinilai pilihan paling tepat untuk mendukung pemulihan dan membangkitkan geliat ekonomi pasca pandemi. Terlebih, Pesawaran merupakan kabupaten penyangga ibukota yang memiliki keunggulan dibidang pariwisata.

“Jadi dipilihlah infrastruktur yang dapat memancing pengunjung datang. Museum Tapis sudah barang tentu menjadi destinasi wisata baru di Pesawaran, apalagi kita tau tapis merupakan ikon Lampung,” jelasnya.

Dia menambahkan, pembangunan GOR merupakan impian masyarakat Kabupaten Pesawaran sejak lama. Selain memiliki potensi atlet olahraga yang sangat baik, pembangunan GOR dan infrastruktur pendukung diharapkan dapat menumbuhkan pelaku UKM lebih cepat. Dari tujuan-tujuan tersebut dituangkan dalam sebuah kebijakan yang telah disahkan DPRD dengan dasar dan pertimbangan matang serta memiliki konsep untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Efek yang dihasilkan dari infrastruktur tersebut akan lebih besar dibanding bunga yang dihasilkan dari pinjaman Pemkab ke PT. SMI itu,” katanya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berencana melakukan pinjaman kepada PT. Sarana Multi Insfratruktur (Persero) sebesar Rp150 miliar untuk pembangunan Gedung Olahraga (GOR) dan Museum Tapis tahun 2022. Pinjaman tersebut dengan durasi pengembalian selama 4 tahun dengan bunga 5,6 persen. (Rul)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button