DaerahEks Keresidenan Madiun

Bangun Infrastruktur Bupati Ponorogo Prioritaskan Jalan Pendorong Ekonomi

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Sejumlah  jalan rusak namun merupakan ‘jantung ekonomi’ masyarakat Ponorogo akan menjadi prioritas untuk segera dibangun dan diperbaiki. Dananya sedang disiapkan dengan cara mengajukan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal tersebut diungkapkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko usai Rapat Paripurna dengan agenda pembacaan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Ponorogo atas Raperda Perubahan APBD 2021 di gedung DPRD Ponorogo. Rabu (8/9/2021)

“Saya dan Bu Wabup ini sudah menangkap persoalan tentang infratruktur ini dan mencari solusinya. Salah satunya, Pemkab Ponorogo kembali mengajukan pinjaman PEN ke PT SMI,” ungkap Bupati Sugiri.

Harapannya, sebelum akhir tahun 2021 ini pinjaman itu telah cair dan bisa segera mendanai pembangunan infratruktur yang ada. Mulai dari infrastruktur desa, jalan poros desa, dan sebagainya.

“Yang pasti kita memprioritaskan pembangunan jalan-jalan yang menjadi jantung perekonomian, jalan yang mendorong bergeraknya ekonomi masyarakat,” ulasnya.

Besaran pinjaman yang diajukan mencapai lebih dari Rp155 miliar. Bunga pinjaman pertahun sekitar 5,5 persen flat. Tenor atau jangka waktu pinjaman adalah lima tahun dengan cicilan per tahun sekitar Rp41 miliar.

Sementara itu, dalam jawaban kepada DPRD terkait Raperda Perubahan APBD 2021, Bupati Sugiri memberikan jawbaan dan rincian sesuai dengan permintaan penjelasan dari para anggota fraksi yang ada. Mulai dari besaran refokusing anggaran untuk penanganan covid-19 serta penggunaannya, sampai pada adanya penurunan PAD dari retribusi dan parkir yang akan dikejar dengan berbagai inovasi dalam pencapaiannya

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button