Daerah

Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur Mengelar Kegiatan ECB

BeritaNasional.ID-Kupang,- Bank Indonesia (BI) perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengelar kegiatan edukasi dengan Cinta, Bangga dan Paham (CBP) rupiah sebagai bentuk menjaga rupiah sebagai mata uang yang sah, sekaligus simbol kedaulatan negara.

“Bank Indonesia secara kontinyu senantiasa mendukung terwujudnya stabilitas sistem pembayaran. Rupiah menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah dan berperan penting sebagai alat pemersatu bangsa,” kata Kepala BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja saat mengelar konfrensi pers “Gebyar Rupiah”, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut dia, Gebyar Rupiah mengusung tagline Menjaga Rupiah di Selatan Negeri, semata bertujuan memperkuat pemahaman nilai Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di tengah masyarakat untuk menjaga kedaulatan di wilayah paling Selatan NKRI, serta turut mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di NTT dengan mengadakan kegiatan pameran dan workshop sebagai wujud peran serta BI NTT mendukung program edukasi CBP Rupiah BI Wide serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung terjaganya jumlah uang tunai yang beredar di masyarakat dan dalam kondisi yang layak edar atau clean money policy.

“BI menerapkan kebijakan yang namanya clean money policy atau mendukung terjaganya jumlah uang tunai yang beredar di masyarakat dan dalam kondisi yang layak edar,” tambah Atmaja.

Gebyar Rupiah NTT 2021 akan dibagi menjadi rangkaian kegiatan main event, pre event dan post event yang menyasar masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, komunitas isteri angkatan/ darma wanita, dan industri jasa keuangan.
Lokasi penyelenggaraan edukasi adalah di wilayah Nusa Tenggara Timur dan beberapa kegiatan diselenggarakan di daerah terselatan Kabupaten Rote serta di daerah perbatasan Kabupaten Belu.

Main event akan dilangsungkan Opening Ceremony dan Talkshow mengenai Rupiah Pemersatu Bangsa. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan target peserta sebanyak 1000 orang. Keynote speaker pada pembukaan Anggota Komisi XI DPR R, Bapak Ahmad Johan dan Kepala BI Provinsi Bali sebagai Koordinator Balinusra Bapak Trisno Nugroho. Selain itu, pada kegiatan ini akan diudarakan pula Balon Udara CBP Rupiah di Kota Kupang, Atambua dan Pulau Rote.

Untuk memeriahkan kegiatan, maka dilakukan pula kegiatan pre-event dimulai tanggal 15-27 Oktober 2021 berupa lomba-lomba kreatif dengan tema Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Lomba-lomba yang akan diadakan adalah Lomba Pembuatan Flyers, Lomba Artikel, dan Pemilihan Duta Rupiah Flobamorata
Selain itu, untuk memperluas jangkauan edukasi CBP Rupiah, Gebyar Rupiah NTT 2021 tetap akan berlangsung hingga 4 Desember 2021 melalui berbagai kegiatan post event. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan adalah Pameran Museum BI Pameran dilakukan di Mall Lippo,

Workshop Baking Class Ide Usaha Kue Nataru, ToT Cinta Bangga Paham Rupiah Perbankan dan Bendahara SKPD, dan Virtual Run. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button