Politik

Bawaslu Bone Bolango Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Bagi Panwaslu Kecamatan

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan bagi Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bone Bolango yang berlangsung di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Jum’at (24/2/2023).

Diwawancarai BeritaNasional.ID usai pembukaan kegiatan, Ketua Bawaslu Kabupaten Bone Bolango Moh. Fahri Kaluku mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada Ketua dan Anggota serta Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan terkait pengelolaan keuangan.

Fahri menyebutkan bahwa kesamaan pemahaman antara Ketua dan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan akan bisa meminimalisir gesekan yang terjadi akibat kesalahpahaman dalam memahami aturan pengelolaan keuangan.

Diungkapkan Fahri bahwa dalam Bimtek ini para peserta akan diberikan materi terkait dengan seluruh regulasi yang mengatur tentang mekanisme pengelolaan keuangan.

“Jika mereka memiliki pemahaman yang sama tentang regulasi itu, tentu dipastikan tidak akan terjadi “gesekan” karena keliru dalam memahami aturan,”kata Fahri.

Fahri menilai sering terjadi “gesekan” antara Pimpinan dan Sekretariat Panwaslu Kecamatan disebabkan oleh tidak adanya sikap saling terbuka antara keduanya.

“Transparansi itu penting. Agar tidak ada saling curiga antara pimpinan dan sekretariat,”imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bone Bolango Arkan Karim mengungkapkan bahwa selain menggelar Bimtek ini, pihaknya juga mengaku akan terus melakukan monitoring sekaligus evaluasi kepada Sekretariat Panwaslu Kecamatan terkait dengan pengelolaan keuangan di masing-masing Panwaslu Kecamatan.

“Kami ingin pastikan semua prosedur pengelolaan keuangan itu dipatuhi dan dilaksanakan sesuai regulasi. Ini penting agar penggunaan anggaran sesuai dengan proporsinya masing-masing,”terang Arkan.

Disisi lain, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo Nikson Entengo yang membuka kegiatan itu, dalam sambutannya meminta kepada para peserta untuk memanfaatkan dengan baik Bimtek tersebut. Dirinya berharap seluruh materi yang diberikan oleh Pemateri dari BPKP, KPKN dan Kantor Pajak Gorontalo tersebut dapat dipahami dan diimplementasikan dalam mengelola anggaran yang ada.

“Harapannya kualitas bimtek ini bisa terjaga. Ada persepsi yang sama Bapak dan Ibu semua kaitan dengan norma pengelolaan keuangan,”pinta Nikson kepada para peserta.

Nikson menegaskan agar dalam pengelolaan anggaran semua pihak baik pimpinan maupun sekretariat Panwaslu Kecamatan untuk senantiasa taat asas.

“Ini tugas negara. Dan ini juga uang negara. Sehingga semua kita harus taat asas,”tegasnya.

Dikatakan pula bahwa penting bagi pimpinan dan sekretariat untuk menjaga soliditas serta membangun komunikasi dan konsultasi.

“Tugas pimpinan itu fokus pada pengawasan tahapan. Tapi juga harus tahu keadaan kondisi keuangan secara administratif. Koordinasi dan konsultasi itu penting. Kuncinya adalah komunikasi. Sehingga kita tidak hanya sukses dalam pengawasan tapi juga sukses dalam pengelolaan keuangan,”pungkasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button