Menuju Pemilu 2024

Bawaslu Bone Bolango Gelar Pelatihan Saksi bagi Peserta Pemilu Tahun 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango menggelar kegiatan Pelatihan Saksi bagi Peserta Pemilu Tahun 2024 yang digelar di Ballroom Hotel El Madinah Kota Gorontalo, Rabu (7/2/2024).

Dalam sambutannya Anggota Bawaslu Kabupaten Bone Bolango Alti Mohamad mengatakan bahwa kegiatan pelatihan saksi ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para saksi terkait teknis dari pelaksanaan atau proses pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara.

“Selain teknis pelaksanaan kegiatan ini juga bermanfaat agar setiap saksi baik dari Parpol, DPD, atau Paslon Capres dan Cawapres memahami teknis pengawasan yang dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu,” ujarnya.

Kemudian dengan adanya pelatihan ini, lanjutnya, saksi juga dapat memberikan pengetahuan terkait tugas-tugas saksi larangan yang tidak boleh dilakukan oleh saksi dan penyelesaian keberatan yang dapat diajukan oleh setiap saksi pemilu.

“Maka dari itu, kegiatan ini penting dilakukan agar setiap saksi pemilu di TPS mampu mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara sehingga dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas dan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan,” tandasnya.

Diketahui, peserta dalam pelatihan saksi ini berjumlah 594 orang yang terdiri dari saksi partai politik, DPD, dan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden. Pemateri pada kegiatan ini berasal dari Bawaslu dan KPU Kabupaten Bone Bolango.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button