BondowosoDaerahJawa TimurMenuju Pemilu 2024

Bawaslu Bondowoso Diminta Jangan Menungu Bola, Tapi Harus Pro-aktif

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Diduga di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso, penyelenggara Pemilu ‘bermain-main’ dengan perolehan suara para Calon Legislatif (Caleg). Padahal untuk mendapatkan satu suara, Caleg harus berjuang keras.

Oleh karena itu, Ketua PC GP Anshor Kabupaten Bondowoso, Luluk Hariyadi, meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusut tuntas kasus yang telah mencederai proses demokrasi di Bondowoso.

“Saya minta kepada Bawaslu bertindak tegas pada oknum yang telah melakukan penggelembungan suara. Kalau pelakunya penyelenggara, sanksi sesuai aturan yang berlaku.” Pintanya.

Tetapi, lanjutnya, kalau ada keterlibatan Caleg dan Partai Politik (Parpol), sanksinya harus didiskualifikasi. Mau tidak mau, data C Hasil harus dibongkar untuk mengetahui pelaku yang melakukan pelanggaran.

Ditambahkan, kesalahan ini bukan kebetulan, tapi sengaja dilakukan. Kalau kesalahannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), wajar disebut kelalaian. Tetapi ini terjadi di beberapa TPS yang tersebar di dua desa.

Bisa jadi kasus ini juga terjadi di Kecamatan lain. Oleh karena itu, Bawaslu jangan hanya menunggu laporan, tapi harus pro-aktif melakukan penyelidikan. Bukankan Bawaslu mempunyai instrumen hingga di tingkat Desa. (Syamsul/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button