DaerahJawa TimurSitubondo

Bawaslu Situbondo Lantik 51 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bawaslu Kabupaten Situbondo melaksanakan pengambilan sumpah dan janji Pelantikan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Situbondo yang berlangsung di Ballrom Hotel Lotus, SMKN 1 Panji, Jalan Gunung Arjono N0. 17 Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Sabtu (25/05/2024).

Pengambilan sumpah dan janji serta pelantikan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Situbondo ini disaksikan Bupati Situbondo Drs. Karna Suswandi MM, Ketua KPU Situbondo Marwoto, Kepala Kesbangpol dan tamu undangan lainnya.

Keterangan yang disampaikan Bupati Situbondo Karna Suswandi ketika dimintai komentar sejumlah wartawan mengatakan, petugas Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Situbondo ini bisa melaksanakan tugas dengan baik dan bisa menjadi wasit pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Dengan menjadi wasit yang baik, maka pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 mendatang bisa berlangsung sukses, damai, aman dan tertib sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan sesuai dengan keinginan kita bersama,” jelas Bupati Karna Suswandi dihadapan sejumlah wartawan, singkat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo Ahmad Faridl Ma’ruf mengatakan, regulasi pelantikan ini sebenarnya sudah telat. Keterlambatan ini disebabkan karena Bawaslu Kabupaten Situbondo mengunggu regulasi dari Bawaslu Pusat.

“Kalau kita pelaksana undang-undang bukan pembuat regulasi. Sebenarnya, kita sudah harus mengawasi rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” jelas Ahmad Faridl Ma’ruf.

Pesan kepada mereka yang habis dilantik, lanjut Ahmad Faridl Ma’ruf, harus menjalankan tugas secara profesional dan independent serta penuh dengan tanggungjawab yang mengacu pada prinsip-prinsip pengawasan. “Tugas terdekat bagi Paswalu Kecamatan yang habis dilantik dan diambil sumpahnya mengawasi rekrutmen PPS dan mengawasi pelaksanaan Pantarlih,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo, namun Ahmad Faridl Ma’ruf juga mengatakan bahwa, tugas Panwaslu Kecamatan ini akan melaksanakan pengawasan tahapan-tahapan Pemilu Kepala Dearah Serentak Tahun 2024 sekarang ini. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button