BanjirHeadlineJawa Tengah

BAZNAS Berikan Bantuan Pangan dan Logistik Kepada Korban Banjir Demak dan Kudus

BeritaNasional.ID, Jawa Tengah — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI sediakan layanan makan sahur dan buka puasa untuk para korban terdampak bencana banjir di lokasi pengungsian Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus sebanyak 3.600 porsi dan masih terus bertambah.

Pemberian layanan makan sahur dan buka puasa tersebut dilakukan BAZNAS di dua lokasi yakni di Dapur Umum di SMK Ganesha, untuk Kabupaten Demak dan di pos pengungsi Gedung IPH, untuk Kabupaten Kudus, Sabtu (23/03/2024).

Dalam keterangan tertulis, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, mengatakan penyediaan layanan ini merupakan langkah BAZNAS untuk membantu para pengungsi memenuhi kebutuhan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Menurutnya, dalam menghadapi situasi darurat akibat banjir yang melanda wilayah tersebut, BAZNAS menyadari pentingnya memberikan dukungan moral dan fisik kepada masyarakat yang terdampak.

“Melihat kondisi para pengungsi, BAZNAS merasa perlu untuk memberikan bantuan dengan cara yang berarti bagi para pengungsi, salah satunya dengan menyediakan layanan makan sahur selama bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, layanan yang disediakan BAZNAS tidak hanya berupa makanan, tetapi juga diselenggarakan dengan nuansa yang penuh kehangatan dan kebersamaan.

“BAZNAS melalui tim BTB berupaya memberikan semangat kepada para pengungsi agar tetap tegar menghadapi cobaan ini,” tambahnya.

Saidah kemudian menyampaikan bahwa tak hanya layanan makanan sahur dan buka puasa, BAZNAS juga membantu dalam distribusi bantuan logistik dan kebutuhan pokok lainnya kepada para pengungsi. Dengan berkoordinasi bersama pihak terkait dan berupaya memastikan bahwa bantuan tersebut tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

“Komitmen BAZNAS dalam memberikan bantuan kepada para pengungsi banjir tidak hanya sebatas dalam jangka pendek. BAZNAS juga berencana untuk memberikan bantuan jangka panjang agar para pengungsi dapat kembali memulai kehidupan mereka dengan lebih baik,” tandasnya.

Dalam menjalankan misinya, BAZNAS berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Demak dan Kudus.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban bagi warga terdampak,” pungkasnya. (Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button