JabotabekTNI Dan Polri

Beginilah Cara Pusdiklat Bela Negara Melatih Ketrampilan Dasar Bela Negara

BeritaNasional.id.Bogor –.Bertempat di Lapangan Bela Negara Pusdiklat Bela negara Badiklat Kemhan desa Cibodas, Kec. Rumpin Kab. Bogor. Dilaksanakan kegiatan ketrampilan Dasar Bela Negara berupa outbound yang merupakan bagian dari materi Diklat Bela Negara bagi Calon PNS BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan pegawai BBPK ( Balai Besar Pelatihan Kesehatan ).

Adapun materi outbound antara lain materi ketangkasan meliputi : rayapan tali satu, jembatan tali dua, jembatan tali tiga, jaring pendarat, turun tebing serta permainan berupa jaring laba-laba, Traffic Jam dan tebak tokoh. Kegiatan diikuti oleh peserta diklat sebanyak 89 orang dari BBPK dan 15 orang dari BNPB, keseruan dan antusias peserta nampak dalam kegiatan tersebut.

Tentunya kegiatan outbound akan memberikan manfaat bagi pegawai antara lain : a) meningkatkan aktualisasi diri sehingga memberikan kontribusi positip bagi kemajuan organisasi, b) menumbuhkan jiwa leadership bagi pegawai yang selama ini belum nampak. c) melatih kerjasama tim. d) melatih kemampuan analisa dan pola pikir. e) meningkatkan kemampuan dan kedewasaan serta f) menumbuhkan arti penting kebersamaan. Kegiatan berlangsung seru dan peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap materi kegiatan outbound.

Dalam kesempatan tersebut terkait Outbound, Kapusdiklat Bela negara Badiklat Kemhan Brigjen TNI Ketut Gede WP, S.E, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi pasal 27 ayat 1 UUD Negara 1945 tentang hak dan kewajiban setiap Warga Negara dan realisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dengan koridor 4 konsensus berbangsa bernegara: Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button