HeadlineHukum & KriminalJawa Tengah

Beredar Video Penculikan Anak, Begini Tanggapan Polres Tegal Kota

BeritaNasional.ID, Tegal – Terkait kabar adanya tindak penculikan anak dibeberapa wilayah di Kota Tegal, Polres Tegal Kota memberikan tanggapan agar masyarakat dapat lebih memahami.

Kasat Binmas Polres Tegal Kota AKP Didik Guntoro, SH memastikan bahwa kabar maupun video yang selama ini beredar di media sosial merupakan hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kita sudah mengecek kemana mana, kayak kemarin di Bogor kita cek videonya ternyata hoax juga. Hari ini muncul di Kota Tegal di Jalan Halmahera ternyata hoax,” ungkap Kasat Binmas kepada awak media, Selasa (31/1/2023).

Menurut AKP Didik, dengan adanya video hoax yang beredar di media sosial dan membuat resah masyarakat, pihaknya langsung melakukan pelacakan terhadap akun media sosial maupun nomor WhatsApp pelaku.

“Kita sudah lacak dan didapati satu nama masih kita dalami yang menyebar informasi bahwa pelaku penculikan sudah masuk Jalan Halmahera Kota Tegal,” terangnya.

Lebih lanjut Kasat Binmas menyebut bahwa penyebaran video maupun informasi adanya penculikan tersebut dilakukan oleh pelaku melalui grup WhatsApp.

“Hari ini kita datangi pelakunya untuk mengecek kebenarannya dan kalau terbukti sengaja membuat resah di masyarakat maka akan dikenakan undang-undang ITE dan kita serahkan ke Reskrim,” tegas AKP Didik.

Ditambahkan Kasat Binmas Polres Tegal Kota, pihaknya melacak beberapa video yang beredar ternyata sumbernya dari nomor luar Pulau Jawa semua.

“Untuk yang di Kota Tegal, hari ini kita sudah dapati satu nama dan setelah dilacak ternyata merupakan pejabat publik yang membuat video tersebut,” jelasnya.

Namun demikian, AKP Didik juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dan terprofokasi oleh kabar maupun video penculikan yang belum jelas sumbernya.

“Kepada masyarakat agar jangan mudah percaya dengan kabar atau video yang beredar tanpa sumber yang jelas. Tapi yang namanya anak harus tetap diawasi, berangkat dan pulang sekolah harus tetap dalam pengawasan orang tua,” pesan Kasat Binmas.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button