GorontaloPemerintahan

Beri Arahan pada Pelatihan P3PD, Budiyanto Sidiki: Aparatur Desa Belum Terlatih Penyebab Efektivitas Belanja Desa Rendah

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki menyebut salah satu penyebab pembangunan desa belum berjalan optimal disebabkan oleh efektivitas belanja desa yang rendah.

Budiyanto juga mengungkapkan, rendahnya efektivitas belanja tersebut disebabkan oleh banyaknya aparatur desa yang belum terlatih. Menurutnya, kondisi itu memerlukan perbaikan kualitas perencanaan dan penganggaran di tingkat desa yang diwujudkan melalui peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa.

Hal ini disampaikan Budiyanto Sidiki saat memberikan arahan kepada peserta pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) angkatan IV yang digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo di Hotel Elmadinah, Kota Gorontalo, Rabu (11/10/2023).

“Pelatihan P3PD bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belanja desa, karena inilah salah satu penyebab pembangunan desa belum berjalan optimal,” kata Budiyanto Sidiki,

Melalui pelatihan ini pihaknya berharap adanya peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa yang mengarah pada keselarasan dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri tersebut sudah berlangsung sejak 20 September 2023 dan telah menyelesaikan pelatihan untuk tiga angkatan.

Budiyanto menyebut saat ini pembangunan desa masih belum optimal dan menghadapi berbagai hambatan dan tantangan. Olehnya, ia mengarahkan agar peningkatan serta keselarasan dalam proses peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa dapat terus diperbaiki, salah satunya melalui pelatihan P3PD ini.

“Program P3PD diharapkan dapat mensinergikan peran pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa agar lebih kuat, maju, mandiri, dan demokratis. Saya juga ingin mengajak kepada kita semua untuk menjalankan seluruh proses penyelenggaraan pelatihan agar terlaksana sesuai pedoman dan ketentuan yang ada,” tutur Budiyanto.

Terdapat tujuh jenis pelatihan P3PD yang akan diberikan kepada seluruh aparatur pemerintah dan pengurus kelembagaan desa. Terdiri dari pelatihan penetapan dan penegasan batas desa, pelatihan aparatur desa, pelatihan penguatan BPD, dan pelatihan penguatan kerja sama desa. Ada juga pelatihan penguatan PKK, pelatihan pembuatan Posyandu, serta pelatihan penguatan lembaga kemasyarakatan desa.

Berdasarkan laporan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dukcapil-PMD) Provinsi Gorontalo, Zukri Suratinojo, pelaksanaan pelatihan P3PD dari angkatan I hingga III sudah diikuti oleh 288 desa dari 497 desa yang menjadi sasaran di Provinsi Gorontalo. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 1.122 orang dari target 1.988 aparatur pemerintah desa.

“Alhamdulillah, pelaksanaan pelatihan P3PD di Provinsi Gorontalo mendapat apresiasi dari Kemendagri. Progres keiikutsertaan peserta sangat tinggi, mencapai 99 persen,” terang Zukri. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button