Biro Organisasi Rampungkan SKM 2025, Pelayanan Publik Pemprov Sulbar Terus Meningkat

BeritaNasional. ID MAMUJU SULBAR–Tim Kerja Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah menyelesaikan Kompilasi Laporan SKM 20 Organisasi Penyelenggara Pelayanan (OPP) Tahun 2025.
Upaya ini sejalan dengan misi Gubernur Sulbar Suhardi Duka (SDK) dan Wakil Gubernur Salim S. Mengga, khususnya Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Akuntabel serta Mewujudkan Pelayanan Dasar yang Berkualitas.
Kepala Bagian Tatalaksana dan Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Sulbar, Subuki mengatakan pelaksanaan SKM yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan menilai kinerja penyelenggaraan pelayanan lingkup Pemprov Sulbar sesuai arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (KemenPANRB) telah berakhir pada tanggal 15 Desember 2025.
‘’Ya, kami menerima hasil SKM dari OPP terakhir pada tanggal 15 Desember 2025 dan hasil surveinya akan menjadi bahan refleksi dan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik ke depannya,’’ kata Subuki saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 16 Desember 2025.
Ia menambahkan, Hasil SKM dari 20 OPP bukan sekadar formalitas, tetapi instrumen penting dalam menilai efektivitas kinerja pelayanan.
Hasil survei ini harus dianalisis secara mendalam dan dijadikan bahan refleksi untuk peningkatan berkelanjutan.
‘’Alhamdulillah hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari 20 OPP yang telah menyerahkan hasil SKM Tahun 2025 mencapai 86,43 masuk kategori B (Baik). Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang raih IKM 84,63,’’ terang Subuki.
Sementara Plt. Kepala Biro Organisasi Setda Sulbar, Nur Rahmah Parampasi mengapresiasi Bagian Tatalaksana dan Pelayanan Publik yang telah merampungkan kegiatan SKM Tahun 2025 dengan hasil IKM yang lebih baik dari tahun sebelumnya.



