Religi

BMH Sumut Kembali Resmikan Rumah Qur’an ke 8 di Sumatera Utara

BMH Sumut kembali melauching Rumah Qur’an di kabupaten Batubara Sektor Pagurawan guna memfasilitasi kegiatan belajar mengajar Al-Quran bagi masyarakat kurang mampu, serta yatim dan duafa.

“Alhamdulillah pada hari Kamis (12/11), Rumah Quran Sektor Pagurawan yang berada di Kelurahan Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara telah diresmikan yang ditandai dengan pemasangan Papan Nama program.” terang Irvan Mendrofa selaku Manager Program dan Pemberdayaan BMH Sumut.

“Rumah Quran Pagurawan merupakan program yang ke 8, yang telah dijalankan oleh BMH di Sumatera Utara. Setelah sebelumnya sudah berjalan di Karo, Lau Gedang, Langkat, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Pancur Batu dan juga di Lubuk Hulu kabupaten Batubara.” jelas Irvan.

Dengan adanya Rumah Qur’an ini tentunya akan menjadi wadah yang layak melakukan pembinaan untuk para santri sehingga melahirkan generasi qurani. Dan BMH akan selalu berupaya agar istiqomah terlaksananaya segala kegiatan di Rumah Qur’an.

Saat ini sudah ada 25 santri yang terdaftar dan akan rutin belajar ngaji di Rumah Qur’an Pagurawan yang menjadi binaan BMH. Meraka tidak hanya belajar mengaji, selain itu ada tambahan pelajaran seperti bahasa arab dan aksara melayu serta praktek ibadah dan lainnya seperti sejarah islam.

Hindun (49) Guru Quran Pagurawan menyambut antusias dan mengungkap rasa syukur atas terlaksananya program Rumah Quran dilokasinya. “Kami sangat bahagia, karena mendapat dukungan dan kepercayaan dari BMH menjadi guru disini.” ungkap Ibu energik yang telah mengabdikan hidupnya untuk membina anak anak.

Ia menambahkan bahwa Pagurawan memang merupakan mayoritas penduduk muslim, namun ia merasakan begitu minim perhatian para orangtua terhadap pendidikan anak-anaknya. “Begitulah disini pak, faktor ekonomi juga menjadi alasan sebagian orangtua.” imbuhnya.

Launching dan pelaksanaan kegiatan Rumah Qur’an tentunya tak lepas dari dukungan dan partisipasi dari para donatur yang telah menitipkan zakat dan sedekahnya melalui BMH serta dukungan masyarakat melalui program-program yang telah dicanangkan dan telah menjadi kegiatan rutin.

Tentunya ini menjadi penyemangat dan motivasi tersendiri bagi BMH untuk lebih aktif melakukan dan menghadirkan varian program yang dapat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat dalam meminimalisir problema hidup mereka. Khusunya bagi masyarakat di daerah – daerah yang tertinggal dan terluar di Sumatera Utara.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button