Nasional

BNP2TKI Akan Segera Tindak Lanjut Dugaan Praktek Calo Di LTSA

BeritaNasional.ID Jakarta – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, menyatakan segera melakukan inspeksi mendadak saat diinformasikan adanya praktek percaloan di Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Indramayu.

“Maaf, saya baru tahu informasi ini. Kalau benar saya akan sidak dan menindak secara hukum yang berlaku bagi orang-orang tang melakukan praktek calo,” tegas kader Nahdlatul Ulama itu seusai melantik Anjar Prihantoro sebagai Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI & Tatang Budie Utama Razak sebagai Sekretaris Utama BNP2TKI di Auditorium setempat, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Kegeramannya itu, ia beralasan, dikarenakan LTSA dibentuk sebagai pembantuan TKI yang berminat kerja ke luarnegeri dengan cara mendekatkan layanan yang dipermudah. Yaitu layanan itu berupa administrasi keimigrasian, perijinan ketenagakerjaan, hingga perlindungan oleh BNP2TKI.

Praktek percaloan di LTSA Indramayu diungkap Harian Kompas (20/5/2018). Misalnya Eva,23, warga Desa Trisi, Indramayu, niat bekerja ke Singapura kebingungan mengurus berkas-berkas yang diperlukan dan tidak tahu persis besarnya biaya yang diperlukan serta baru mengetahui dari kakaknya yang lebih dulu menjadi TKI di negara jiran itu.

Eva baru paham, biaya perusahaan diurus oleh penyalur dan harus dilunasi melalui pemotongan gaji saat ia sudah bekerja di negara tujuan. Banyak TKI sengsara karena pemotongan gaji dilakukan semaunya oleh penyalur. Seperti pembuatan paspor khusus TKI bisa mencapai Rp 500ribu kendati ada subsidi pemerintah. (dki1/bn.id)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close