Headline

Buka Evaluasi Kinerja Dan Kompetensi JPT-Pratama Sekda Bone Bolango, Hamim Pou Akui Ishak Ntoma Sekda Yang Hebat

 

BeritaNasional.ID, Kota Gorontalo – Bupati Bone Bolango Hamim Pou membuka secara resmi Evaluasi Kinerja Dan Kompetensi JPT – Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Jum’at (05/08/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Merlan Uloli, Sekretaris Daerah Ishak Ntoma dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Bone Bolango serta Tim Evaluasi Kinerja Dan Kompetensi JPT-Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango yakni Prof.DR. Rauf Hatu, sebagai ketua serta Zukri Suratinoyo,  dan Sukril Gobel, masing-masing sebagai anggota.

Dalam sambutannya Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyampaikan bahwa kegiatan ini mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam rangka penyelenggaraan reformasi birokrasi, khususnya untuk penempatan pejabat pimpinan tinggi pratama sesuai kompetensi secara selektif dan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

“Saya berharap, melalui evaluasi kinerja dan kompetensi ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga komitmen reformasi birokrasi bisa menjawab tuntutan masyarakat tentang profesionalisme ASN,”ucap Hamim Pou.

Selain itu Hamim Pou dalam sambutannya juga menekankan kepada para pejabat di lingkungan Pemda Bone Bolango untuk meningkatkan kinerjanya.

“Kita harus memperbaiki kinerja. Meskipun PAD kita kecil, fiskal terbatas namun kinerja kita harus bagus,”ujar Hamim Pou.

Sebagai bukti dari hasil kinerja yang bagus itu Hamim Pou memaparkan beberapa keberhasilan Pemda Bone Bolango.

“Standar Pelayanan Minimal kita nomor 4 secara Nasional dan nomor 1 di Indonesia Timur. Untuk Indeks Pembangunan Manusia kita nomor 1 di Provinsi Gorontalo. Ini karena Sekda yang hebat ini. Juga karena kita memiliki tim yang solid dan Wakil Bupati yang hebat,”ungkap Hamim.

Diakhir sambutannya Bupati Bone Bolango 2 (dua) periode ini menyampaikan kepada tim nya tidak akan mengintervensi hasil penilaian dari tim Evaluasi. Namun secara umum dirinya masih menganggap Ishak Ntoma masih layak dipertahankan.

“Saya tidak menggiring tetapi secara umum saya masih menyimpulkan bahwa Pak Ishak Ntoma masih layak untuk dipertahankan,”ucap Hamim Pou yang disambut dengan tepuk tangan oleh para pimpinan OPD yang hadir.

Sementara itu Ketua Tim Evaluasi Kinerja Dan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Prof.DR. Rauf Hatu, saat diwawancarai awak media usai kegiatan menyampaikan bahwa berdasarkan evaluasi Tim terhadap Sekretaris Daerah Bone Bolango Ishak Ntoma secara umum hasilnya bagus.

“Evaluasi Sekda ini menarik. Karena ada 2 instrumen yang kita lakukan. Pertama kami mengedarkan instrumen melalui google form secara online kepada semua OPD. Ternyata hasilnya yang mereka sampaikan ke pansel itu sekitar 98% rata-rata hasilnya baik. Selanjutnya dari hasil itu kami lakukan pendalaman. Secara umum hasilnya bagus,”ujar Rauf Hatu.

Lebih lanjut Rauf Hatu mengatakan bahwa dari hasil evaluasi yang dilakukan ini Tim Evaluasi akan memberikan rekomendasi kepada Bupati Bone Bolango bahwa Ishak Ntoma masih layak sebagai Sekda.

“Kami akan merekomendasikan kepada Pak Bupati bahwa dengan hasil dari evaluasi yang kami lakukan itu Pak Sekda (Ishak Ntoma,red) masih layak sebagai Sekda. Tapi tergantung Bupati apakah masih dilanjutkan atau tidak. Penentuan ada sama Bupati,”tutup Rauf Hatu mengakhiri. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button