ACEH

Pj Bupati Aceh Utara Komit Dukung Penurunan Angka Stunting

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Pejabat Bupati Aceh Utara, Azwardi AP, M.Si menegaskan pihaknya dan seluruh OPD terkait berkomitmen mendukung dan melaksanakan berbagai upaya untuk percepatan penurunan angka stunting.

Penegasan tersebut disampaikan Penjabat Bupati melalui Plt. Sekdakab Aceh Utara, Dayan Albar, S.Sos, MAP saat membuka Kegiatan Rekonsiliasi Stunting Tingkat kabupaten dan Kota Tahun 2022 yang berlangsung di oproom kantor bupati setempat, Jum’at (5/8/2022).

“Program penurunan stunting tersebut merupakan salah satu program perioritasnya Pj Bupati Aceh Utara, selain enam program perioritas utama yang dipesan Pj. Gubernur Aceh saat pelantikan beliau menjadi Pj. Bupati di Aceh Utara beberapa waktu lalu,” kata Plt Sekda dihadapan peserta rekonsiliasi stunting, yang juga turut dihadiri Kaper BKKBN-Aceh, Drs. Sahidal Kastri MPd.

Seraya menambahkan, Dayan Albar juga mengutip pesan Pj Bupati Aceh Utara Azwardi yang setiap saat disampaikan jika ada rapat dengan para SKPK. “Bangun dan Perbaiki Infrastruktur, Tingkatkan Pendidikan, Kesehatan, Hudupkan UMKM, turunkan angka kemiskinan, turunkan angka Stunting, dan upayakan berbagai terobosan utk mewujudkan kesejahteraan rakyat secara menyuruh, ” papar Dayan

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN-Aceh, Drs. Sahidal Kastri, MPd yang menjadi pemateri pada acara rekonsiliasi tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik komitmen Pj Bupati Aceh Utara dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di daerah ini.

Lanjutnya, apa lagi berdasarkan data yang ada bahwa Kabupaten Aceh Utara termasuk salah satu daerah yang tertinggi angka stunting nya di provinsi Aceh.

Menurut Sahidal, upaya percepatan penurunan stunting tersebut perlu dilakukan secara terintegrasi seluruh stakeholder, melalui pendekatan dengan aspek mikro dan makro. Misalnya pendekatan intervensi gizi terpadu, pendekatan keluarga berisiko stunting dan pendekatan multi sektor dan multi pihak.

Dihadapan peserta rekonsiliasi dimaksud diantaranya Kadis Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, Ketua TP-PKK Aceh Utara, Ketua IBI, Ketua Satgas Stunting dan sejumlah Pengurus TPPS serta Ka. SKPK, Sahidal mengharapkan partispasi aktif semua stakeholder, pihak swasta, perguruan tinggi, masyarakat dan elemen lainnya sangat dibutuhkan dalam rangka percepatan penurunan stunting ini.

“Saya sangat yakin bahwa angka stunting di Kabupaten Aceh Utara ini akan segera turun,” sebut Sahidal dengan penuh semangat.

Pada waktu bersamaan, Kadis DPM-PPKB Aceh Utara, Fakhruradhi, SH, MH dalam laporannya pada acara tersebut mengatakan, bahwa kegiatan Rekonsiliasi Stunting Kabupaten dan Kota yang digelar tersebut diikuti oleh 25 peserta, dan merupakan salah satu dari Program Bangga Kencana yang didanai oleh BKKBN Provinsi Aceh.

Menurutnya, rekonsiliasi tersebut bertujuan untuk menyatukan langkah semua stakeholder untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan, tentu sesuai tupoksinya dalam rangka mempercepat penurunan angka Stunting di kabupaten ini, pungkas Fakhruradhi. (*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button