AdvedtorialDaerahSulawesi

Buka Pelatihan Calon Petugas Susenas, Sekda Soppeng : Data Harus Akurat

BeritaNasional.ID, Soppeng –Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng A. Tenri Sessu secara resmi membuka Pelatihan Calon Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2020 Kabupaten Soppeng di Gedung Pertemuan Hotel Grand Saota Watansoppeng, Rabu 29 Januari 2020.

Sekertaris Daerah Kabupaten Soppeng mengucapkan terimakasih kepada Kepala BPS Kabupaten Soppeng beserta jajarannya atas kerjasamanya yang telah terbangun selama ini sebagai mitra pemerintah daerah dalam rangka ketersediaan data dan informasi yang akurat, valid dan akuntabel.

“Untuk diketahui bersama pelaksanaan susenas tahun 2020 merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia,”katanya.

“Data hasil susenas banyak digunakan oleh berbagai kalangan, oleh karena itu kesinambungan ketersediaan data dan kualitas data harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Bagi pemerintah Kabupaten Soppeng kegiatan ini sangat penting dan strategis karena hasilnya dapat mengukur tingkat kemiskinan dan indeks pembangunan manusia serta indikator sosial ekonomi lainnya,”lanjut A. Tenri Sessu.

Sehingga ia mengharapkan kepada petugas sensus untuk melakukan pendataan ini dengan sebenar-benarnya informasi yang akurat, valid dan akuntabel.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Soppeng Rustan pada kesempatan tersebut mengatakan jumlah petugas susenas maret 2020 di Kabupaten Soppeng yang akan dilatih sebanyak 48 orang.

“Terdiri dari 13 orang (pegawai organif BPS) dan pencacah lapangan 35 orang adalah mitra kerja BPS. Jumlah tersebut berasal dari Kecamatan Marioriwawo 6 orang, Lalabata 7 orang, Liliriaja 4 orang, Ganra 2 orang, Citta 1 orang, Donri-donri 4 orang, Kec.Lilirilau 7 orang dan Kecamatan Marioriawa 4 orang, petugas dilatih dalam 2 gelombang, dan setiap gelombang dilatih selama 3 hari efektif,”ungkap Rustan.

Lanjut dikatakan, pendataan susenas maret 2020 secara nasional mencakup 345.000 rumah tangga sampel yang tersebar di 34 profinsi dan 514 kabupaten kota di seluruh wilayah Indonesia, untuk Kabupaten Soppeng jumlah rumah tangga yang akan didata sebanyak 620 rumah tangga.

Sekedar diketahui, acara itu turut di hadiri Kabag Ops Polres Soppeng, Pejabat structural BPS Kabupaten Soppeng serta para undangan lainnya.(*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button