Jawa Timur

BUMDes Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Tingkatkan Ekonomi Rakyat Lewat Produk UKM Desa

BeritaNasional.ID Nganjuk, JAWA TIMUR – BUMDes Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Ini menyiapkan Toko Swalayan Desa, lewat Bumdes ekonomi warga desa terasa meningkat, lewat Produk UKM desa sendiri.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus didorong untuk lebih inovatif dalam membantu peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Seperti yang dilakukan BUMDes Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret Nganjuk melalui toko swalayan ‘Djatie Mart’ dalam upaya meningkatkan perekonomian warga desa yang mandiri.

Kepala Desa Jatirejo, Kecamatan Loceret, Agus Wahyu Widodo mengatakan, Djatie Mart adalah sebuah toko modern yang dikelola dan dioperasikan BUMDes Desa Jatirejo. Dan swalayan itu merupakan salah satu inovasi dan terobosan baru dalam upaya peningkatan PADes.

“Kami memberikan terobosan desa dalam membangkitkan roda perekonomian masyarakatnya. Masyarakat bisa berbelanja di minimarket tersebut dan diharapkan ke depan tidak hanya Desa Jatirejo yang memiliki inovasi BUMDes seperti itu, tetapi semua desa di Kecamatan Loceret khususnya dan Kabupaten Nganjuk umumnya,” kata Agus, Minggu (29/01/2022).

Dikatakan Agus, pihaknya bangga dengan Djatie Mart Mandiri Desa Jatirejo yang bisa menjadi pelopor bagi desa lain untuk menciptakan inovasi.
Terutama dalam sektor pengelolaan BUMDes yang lebih maju. Dan kehadiran Djatie Mart Mandiri harus terus didukung agar ke depan bisa menjadi sektor usaha yang mandiri bagi desa.

“Hal ini demi peningkatan ekonomi kerakyatan yang harus terus berkembang untuk kesejahteraan masyarakatnya,” ucap Gatut.

Disinggung pemberitaan yang menyudutkan dirinya, Agus mengatakan, “Saya tidak berpikir masalah itu, biar aja ikuti hal yang positif buat desa Jatirejo, agar desa Jatirejo kedepan lebih baik,” ungkapnya pada wartawan.

Toko swalayan oleh BUMDes, juga diharapkan akan menjadi tempat pemasaran produk-produk UKM yang dihasilkan oleh warga Desa Jatirejo.

Dengan demikian, potensi lokal bisa terus didorong agar terus berkembang sehingga pertumbuhan UKM bisa terus berjalan.

“Inilah manfaat dari dimilikinya toko swalayan oleh BUMDes yaitu bisa menjadi tempat pemasaran produk lokal hasil UKM warga Desa Jatirejo sendiri, dan kedepannya akan membuat, merumuskan peraturan desa yang lebih baik agar birokrasi pemdes Jatirejo semakin lebih baik,” pungkas Agus. (ISK)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button