Daerah

Bupati Abdullah Azwar Anas Pimpin Rapat Dari Tanah Suci Mekkah

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Luar biasa, kendati dalam kondisi sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Nekkah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas masih menyempatkan waktunya untuk menjalankan kewajibannya sebagai orang nomor satu di Bumi Blambangan, dia memimpin rapat jarak jauh dari Saudi Arabia dengan jajarannya di Banyuwangi melalui aplikasi Facetime, Senin (4/9/17).

Anas yang sedang menunaikan ibadah haji kesejian kalinya itu membahas beberapa hal saat rapat yang diikuti Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Dalam rapat itu, Anas meminta sejumlah laporan terkait beberapa hal selama dia pergi berhaji terhitung sejak akhir Agustus lalu. Mulai dari pelayanan kesehatan, infrastruktur, hingga pendidikan.

Di antaranya Anas meminta laporan penanganan penyakit Dimas, seorang anak dari Kecamatan Singojuruh yang menderita retinoblastoma. Oleh kepala dinas kesehatan disampaikan beberapa aspek teknis terkait penanganan tersebut. Saat ini, Dimas sudah berada di Surabaya untuk mendapat penanganan lebih jauh di RSUD dr Soetomo.

”Fasilitas rumah singgah milik Banyuwangi yang ada di dekat RSUD dr Soetomo juga telah dimanfaatkan secara gratis oleh beberapa warga kita yang dirujuk ke Surabaya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono melaporkan.

Anas pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada dr. Rio, panggilan akrab dr. Widji Lestariono.

”Terima kasih banyak Pak Dokter. Jangan lupa Puskesmas harus terus rutin turun ke lapangan. Koordinasi dengan desa supaya jika ada warga yang sakit dan kesulitan bisa segera tertangani,” jawab Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas memberikan instruksi khusus tentang kesiapan memasuki musim kemarau, seperti permasalahan di Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo. Meski Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi telah mengirim tangki air bersih ke lokasi, Anas tetap meminta Dinas Pekerjaan Umum Pengairan untuk cek lokasi.

”Sore ini cek lapangan, laporkan ke grup kita nanti malam lewat WhatsApp. Kemarin kan karena ada pompa air yang rusak dan debit air kurang, harus cari solusinya ke depan. Di Mekkah ini, meski tidak banyak sumber air, namun suplai airnya baik. Manajemen suplai air kita perlu diperbaiki,” papar Anas. 

Hal lain yang menjadi perhatian Anas adalah infrastruktur. Terhadap laporan jalan berlubang, Anas meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga untuk segera merespons dengan cepat.

“Memang tidak bisa semua ditangani, nah itu dijelaskan ke publik karena untuk perbaikan yang bersifat sementara oleh Satgas Jalan Berlubang kan dalam skala terbatas,” ujarnya. 

Untuk sektor pendidikan, Anas meminta dinas terkait memperhatikan keluarga nelayan dari luar daerah yang datang ke Banyuwangi atau biasa disebut nelayan andon.

“Untuk pelaksanaan kursus bahasa asing gratis berbasis desa, tolong diperhatikan teknisnya biar lancar pelaksanaannya,” lontar Anas.

Di akhir rapat, Anas mengajak audiens rapat berdoa.

“Mumpung saya berada di tempat yang mustajabah, mari kita berdoa semoga hajat masyarakat Banyuwangi tercapai,” pungkasnya. (mh.said)

Caption : Bupati Abdullah Azwar Anas saat memimpin rapat dengan jajarannya melalui aplikasi Facetime dari Mekkah

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button