DaerahSUMUT

Bupati Ajak Masyarakat Budayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Batu Bara

BeritaNasional.ID, Batu Bara Sumut – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Untuk itu Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M. Ap mengajak seluruh element masyarakat agar menerapkan prilaku hidup sehat dengan Program GERMAS.

Sebagai komitment awal, Bupati juga menandatangani komitmen GERMAS dan diikuti perwakilan Desa sebagai komitmen bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) dihalaman RSUD Batu Bara, Kamis (15/12/2022).

Teks foto; Perwakilan Aparatur Desa di Kabupaten Batu Bara saat menandatangani komien bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Doc; Bidang Kesmas Dinkes P2KB Batu Bara)
Teks foto; Perwakilan Aparatur Desa di Kabupaten Batu Bara saat menandatangani komien bersama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Doc; Bidang Kesmas Dinkes P2KB Batu Bara)

Bupati Zahir menjelaskan, dari program GERMAS ini dilaksanakan melalui lima fokus kegiatan, yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, dan peningkatan kualitas lingkungan.

“Kelima fokus kegiatan ini yang harus didukung dan dibudayakan dalam keseharian oleh seluruh lapisan masyarakat dan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kabupaten Batu Bara sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” terangnya.

Dijelaskan, mengingat pentingnya pembudayaan GERMAS ini, maka pelaksanaan program ini tidak bertumpu pada Dinas Kesehatan sebagai institusi teknis. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari pembiasaan individu, keluarga dan masyarakat.

Didukung oleh seluruh sumber daya yang ada pada dunia pendidikan, dunia usaha, dan organisasi-organisasi kemasyarakatan. Serta komitmen dan kebijakan dari seluruh OPD-OPD di Kabupaten Batu Bara untuk mendukung pelaksanaan Germas ini.

“Mari budayakan hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” ajak Bupati Zahir.

Sedangkan tujuan dari GERMAS itu sendiri untuk menurunkan beban penyakit dan beban biaya pelayanan kesehatan, meningkatkan produktivitas penduduk, dan menekan peningkatan beban finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

Pada kegiatan ini diikuti dari peserta yang hadir yakni OPD, Camat, Kepala Desa, TP PKK Kabupaten dan Desa, Kepala Puskesmas, Organisasi Profesi, Ormas, Peserta Didik, Kader Kesehatan, juga dihadiri Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Mega Karyati dari Promosi Kesehatan (Promkes). (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button