GorontaloHeadline

Fadel Muhammad : Ada Yang Salah Dengan Perencanaan Pembangunan di Gorontalo

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad menyatakan bahwa ada yang salah dengan perencanaan pembangunan di Provinsi Gorontalo yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Hal ini disampaikan Fadel saat melakukan Kunjungan Kerja Wakil Ketua MPR RI ke BPS Provinsi Gorontalo, Rabu (21/12/2022).

“Dari angka-angka yang disampaikan oleh BPS, Saya lihat ada 3 hal penting yang harus diperhatikan. Yang pertama tentang daya beli masyarakat yang menurun. PDRB tidak tumbuh, hanya 2 persen,kecil sekali dan tidak punya arti apa-apa,”kata Fadel.

Selain itu, lanjut Fadel, ada perencanaan pembangunan yang salah oleh Pemerintah yang lama.

“Pemerintah yang lama tidak memberikan perhatian anggaran yang cukup pada kegiatan yang memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan yakni sektor pertanian, perikanan dan sumber daya manusia,”sambungnya.

Kemudian yang ketiga, menurut Anggota DPD RI ini, harus ada evaluasi terhadap seluruh perencanaan pembangunan di Provinsi Gorontalo.

“Saya menganjurkan kepada Penjabat Gubernur saat ini untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh perencanaan pembangunan di Provinsi Gorontalo. Dan Saya siap untuk turun langsung untuk memberikan fikiran-fikiran terkait dengan hal itu,”imbuhnya.

Fadel juga mengungkapkan rencananya untuk menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama BPS dan Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional untuk membahas perencanaan pembangunan di Provinsi Gorontalo agar lebih baik.

Dijelaskannya bahwa ukuran pembangunan yang baik itu adalah Indeks Pembangunan Manusia naik, kemiskinan turun dan daya beli masyarakat ada.

“Rencananya Februari 2023 nanti, Saya akan bikin FGD dari MPR RI. Saya akan bawa tokoh-tokoh nasional untuk membahas pembangunan di Gorontalo supaya lebih bagus. Ukuran lebih bagus adalah diantaranya Indeks Pembangunan Manusia naik, kemiskinan turun dan daya beli masyarakat ada,”pungkasnya.

Sementara itu, sebelum berita ini diterbitkan, wartawan BeritaNasional.ID telah berupaya menghubungi mantan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melalui pesan whatsapp di nomor 081313424××× untuk dimintai tanggapannya, namun Rusli Habibie mengatakan akan menanggapi setelah beritanya dimuat.

“Muat saja beritanya, nanti kami tanggapi,”kata Rusli Habibie melalui balasan pesan whatsapp kepada wartawan BeritaNasional.ID. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button