Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Daerah

Bupati Anas Fasilitasi Pelajar Banyuwangi Dengan Angkutan Gratis

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Selain meluncurkan angkutan pariwisata gratis, Pemkab Banyuwangi juga melakukan soft launching angkutan transportasi gratis bagi pelajar.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap, fasilitas ini bisa membantu memudahkan pelajar saat akan berangkat dan pulang sekolah.

“Selain memudahkan pelajar, kami juga ingin mengurangi kepadatan di jalan saat jam berangkat dan pulang sekolah. Juga untuk menekan jumlah pelajar usia SMA yang menggunakan motor. Otomatis ini juga bisa mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas,” ujarnya dalam peluncuran fasilitas tersebut di Terminal Brawijaya, Sabtu (29/7/17).

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berbarengan dengan kunjungan kerjanya ke Banyuwangi. Angkutan pelajar ini tidak dibatasi untuk kalangan pelajar tertentu. Semua pelajar mulai TK bahkan yang sudah kuliah boleh memanfaatkannya.

“Sekarang kita masih trial and error. Pasti nanti ada masukan-masukan dari masyarakat untuk penyempurnaan. Setelah oke, nanti kami mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk berkenan meluncurkan,” kata bupati asal Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari ini.

Kata Anas, fasilitas ini juga bisa membantu orang tua mengurangi pengeluaran untuk transportasi anaknya ke sekolah.
“Jadi bisa lebih hemat, karena tinggal naik dan gratis. Juga lebih aman, orang tua tidak perlu was-was saat anaknya berangkat dan pulang sekolah,” kata dia.

Manfaat lain angkutan gratis ini bagi para pelajar bisa meluangkan waktu saat berangkat dan pulang sekolah dengan membaca buku di angkutan gratis tersebut.

“Kan lumayan misalnya perjalanan 30 menit, di dalam angkutan bisa membaca. Bisa juga berinteraksi dengan teman yang dari sekolah lain. Jadi manfaat tambah ilmu dan bisa guyub sesama pelajar,” papar Anas.

Keterangan Kepala Dinas Perhubungan Kusiyadi, untuk angkutan pelajar, ada 32 armada yang akan beroperasi setiap hari efektif dengan 10 trayek berbeda.

“Kami memberdayakan angkutan umum yang memang melalui rute ke sekolah-sekolah,” lontarnya.

Untuk membedakan dari angkutan umum yang lain, angkutan pelajar ditandai dengan tulisan besar “Angkutan Pelajar Gratis” di bagian depan, sehingga mudah dikenali siswa.

“Angkutan pelajar melayani antar-jemput siswa ke sekolah. Pagi hari, beroperasi mulai pukul 06.00 WIB. Sedangkan siangnya pukul 12.30 WIB atau berdasarkan situasi. Misalnya, ada sekolah yang pulangnya lebih awal, maka angkutan ini akan beroperasi lebih awal. Sehingga hadirnya fasilitas ini benar-benar membantu dan memberikan kemudahan bagi pelajar, terutama mereka yang tidak memiliki kendaraan,” tandasnya. (MH. Said)

Caption : Bupati Anas dan mentri perdagangan Enggartiasto Lukito mencoba mobil angkutan gratis bagi pelajar

Author: korwil jatim

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close