Nasional

Soft Launching Angkutan Pariwisata Gratis Di Terminal Brawijaya Banyuwangi

BeritaNasional.ID
BANYUWANGI – Untuk memudahkan wisawatan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, pemerintah daerah setempat melakukan soft launching angkutan pariwisata gratis. Layanan jasa transportasi ini juga dilengkapi fasilitas pendaftaran online di www.banyuwangitourism.com//jalanjalan. Soft launching dilakukan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Terminal Brawijaya Banyuwangi, Sabtu (29/7/17), juga dihadiri Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

“Ini masih soft launching. Kita trial and error dulu, terus kami sempurnakan sebelum diluncurkan resmi nantinya oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Perhubungan. Intinya kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong yang liburan ke Banyuwangi. Ini akan mempermudah wisatawan menjangkau lokasi wisata. Tentu saja juga untuk pelajar agar mempermudah mobilitas mereka ke sekolah,” ujar Bupati Anas.

Ditambahkan Anas, angkutan pariwisata ini sebagai upaya promosi mendongkrak pariwisata daerah. Jika wisatawan puas di Banyuwangi, secara otomatis mereka akan bercerita kepada kawan-kawannya, baik secara langsung maupun lewat media sosial.

“Di ilmu pemasaran, promosi dari mulut ke mulut ini paling efektif. Kalau konteks sekarang dari gadget ke gadget. Inilah media promosi yang paling efektif. Maka inilah yang sedang kami kerjakan, bagaimana wisatawan terlayani dengan baik,” ungkapnya.

Selain gratis, lanjut Anas, para wisatawan juga dimudahkan mengakses fasilitas ini. Di laman situsnya, mereka akan mendapatkan informasi tentang jadwal wisata yang ditawarkan.

“Wisatawan tinggal memilih destinasi wisata tujuan, tanggal dan waktu keberangkatan, serta sisa kuota kendaraan yang masih tersedia,” jlentrehnya.

Di Terminal Brawijaya yang menjadi titik keberangkatan angkutan wisata juga disiapkan Tourist Information Center (TIC) portabel, sehingga sebelum berwisata, wisatawan bisa mendapat informasi detil sebelum keliling liburan.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Kusiyadi, mengaku saat ini pihaknya menyediakan tiga armada, yaitu dua unit mini bus masing-masing berkapasitas 21 orang dan satu unit station wagon berkapasitas 10 orang.

“Minibus yang berkapasitas 21 orang akan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu, melayani jurusan Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan city tour keliling perkotaan. Sedangkan wagon10 orang melayani rute Kawah Ijen,” terangnya.

Wisatawan yang mendaftar online harus mengisi data diri.

“Pengisian nomor HP dan alamat email harus valid. Karena, setelah pendaftaran, mereka mendapat email verifikasi,” urai Kusiyadi.

Dikatakan oleh mantan Kepala BPBD tersebut, tiga unit angkutan gratis yang disediakan untuk tahap awal ini dimaksudkan agar tidak mengurangi pasar para pelaku usaha jasa transportasi lainnya.

“Dalam hal ini pemerintah daerah memfasilitasi wisatawan sebagai bentuk komitmen pengembangan pariwisata. Tentu tidak akan mengurangi porsi pelaku usaha jasa transportasi lain karena yang kami sediakan juga dibatasi,” pungkasnya. (MH. said)

Caption : Bupati Abdullah Azwar Anas bersama mentri perdagangan Enggartiasto Lukito saat Soft Launching Angkutan gratis pariwisata di terminal Brawijaya Banyuwangi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button