AsahanDaerah

Bupati Asahan Dan Jajarannya Ikut Zoom Meeting Dengan Gubernur Sumut

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati Asahan H. Surya BSc mengikuti kegiatan zoom meeting yang digelar Gubernur Edy Rahmayadi dengan seluruh Kepala Daerah di se Sumatera Utara, Selasa (27/07/2021).

Bupati Asahan dan jajarannya yang terdiri Kepala BPBD Asrul Wahid, Kasatpol PP Sofyan Manulang, Kepala Dinas Sosial Samsuddin SH dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Elfina br. Tarigan mengikuti zoom meeting dari ruang command centre kantor Bupati setempat dan mendengarkan dengan seksama arahan dari Gubernur.

Dalam arahannya melalui zoom meeting itu Gubernur Edy Rahmayadi meminta kepada seluruh Kepala Daerah se Sumatera Utara untuk mengumpulkan Camat, Lurah dan Kepala Desa agar bertanggung jawab menyampaikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakatnya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan sehari – hari, agar permasalahan covid-19 ini dapat dihadapi.

Apabila masyarakat dapat menerapkan Prokes covid-19, maka permasalahan ini dapat kita kendalikan, ujar Edy. Dia juga menyampaikan bahwa Pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak dari covid-19 dan PPKM seperti Kartu Sembako senilai Rp 200 ribu yang ditujukan kepada 18, 8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Pemerintah Pusat untuk 2 bulan.

Selanjutnya Edy menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat akan menambah Kartu Sembako selama PPKM level IV untuk 5,9 juta KPM yang merupakan usulan Pemerintah Daerah dengan besaran sebesar Rp 200 ribu per bulan selama 6 bulan. Untuk mengecek penerima Kartu Sembako, dapat membuka link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Bukan itu saja Pemerintah juga memberi bantuan berupa Kuota Subsidi internet selama 5 bulan dari Agustus sampai Desember 2021 dan memberi bantuan diskon listrik selama 3 bulan, dari Oktober sampai dengan Desember besarnya Rp 1,91 triliyun untuk 32,6 juta pelanggan.

Bantuan Beras juga diberikan sebesar 10 Kg untuk 28,8 juta KPM, yang tahap pertama disalurkan kepada 20 Juta KPM. Dan tahap kedua kepada 8,8 juta KPM. Untuk bantuan UMKM masing – masing menerima Rp 1,2 juta dengan target penerima sebanyak 1,5 juta UMKM yang berupa warung kecil maupun Pedagang Kaki Lima (PKL). Sedangkan untuk bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan ini sebanyak dua kali, masing – masing Rp 600 ribu dengan total Rp 1,2 Juta, kata Gubernur Sumut ini.

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah ini harus kita sikapi dengan sebaik-baiknya, agar tidak ada permasalahan yang dihadapi kedepannya. Maka dari itu saya berharap adanya kepedulian Kepala Daerah dan Forkopimda di daerah masing – masing untuk memastikan bantuan tepat sasaran kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19, tandas Gubsu.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button