AsahanDaerah

Bupati Asahan Hadiri Pelantikan 612 Anggota PPS Pemilu 2024

BeritaNasional.Id – Asahan, Sumatera Utara – Bupati Asahan H. Surya, BSc menghadiri acara pelantikan 612 orang anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) terpilih untuk Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Asahan di gedung Serbaguna jalan Mahoni Kisaran, Selasa (24/01/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati H. Surya BSc menyampaikan bahwa PPS mempunyai tugas yang sangat penting dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah mengumpulkan hasil perhitungan suara dan melaksanakan semua tahapan penyelengaraan Pemilu di tingkat kelurahan /desa masing – masing.

Oleh karenanya, kata Surya, Pemerintah Kabupaten Asahan meminta kepada seluruh anggota PPS untuk dapat mempelajari dan menguasai semua regulasi tentang Pemilu Tahun 2024 guna mewujudkan pemilihan umum yang demokratis dan mengedepankan azas pemilu, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Bupati juga berharap kepada anggota PPS terpilih agar secepatnya bersinergi dan berkoordinasi dengan lurah / kepala desa, camat dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat dalam menyukseskan tahapan dan jadwal penyelengaraan Pemilu Tahun 2024 di wilayah masing – masing.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Asahan Hidayat SP dalam pelantikan itu menyampaikan 4 hal yang harus di lakukan anggota PPS dalam mengemban amanah yang diberikan. Pertama, pahami seluruh aturan atau regulasi yang berkaitan dengan tahapan Pemilu. Kedua, terapkan seluruh prinsip – prinsip penyelenggaraan Pemilu. Ketiga, perkuat kerja tim di jajaran PPS dan sekretariat, saling melengkapi dan terbuka. Keempat, jaga dan tingkatkan koordinasi dengan pihak desa/kelurahan serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Kemudian Hidayat berharap kepada anggota PPS yang telah dilantik dapat langsung berkordinasi dengan pihak kepala desa / lurah guna melakukan silaturahmi dan berkordinasi tentang fasilitas yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan tugas serta berkordinasi tentang sekretariat PPS di wilayah masing – masing.

“Kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa kami berharap dapat membimbing anggota PPS yang menjalankan tugas diwilayahnya”, pungkas Ketua KPU Kabupaten Asahan itu.

Sementara Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sumatera Utara Yulhasni yang juga hadir dalam pelantikan tersebut meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan khusus kecamatan, desa dan keluarahan agar dapat membantu anggota PPS melakukan sosialisasi kepada masyarakat diwilayahnya untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih apabila belum terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu Tahun 2024. Dan anggota PPS yang telah dilantik diharapkan dapat bekerja secara profesional.

Dalam pelantikan itu terlihat hadir Kajari Asahan Dedyng Wibianto Atabay, SH, perwakilan Ketua PN Kisaran, perwakilan Kapolres Asahan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Buwono Prawana, Ketua Bawaslu Asahan Komaidi Hambali Siambaton, Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang, serta Camat se Kabupaten Asahan.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker