AsahanDaerah

Bupati Asahan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Pengendalian Covid – 19

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati Asahan H. Surya BSc menegaskan bahwa vaksinasi merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh (Herd Immunity, red) dan kelompok guna menurunkan kesakitan dan kematian terhadap Covid – 19, serta melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

Hal itu dikemukakan Bupati H. Surya BSc selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan dalam Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona yang berlangsung di Posko Gugus Tugas Kabupaten Asahan jalan Taufan Gama Kisaran, Jumat (28/05/2021).

Bupati berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Asahan dapat lebih disiplin lagi dalam menegakkan protokol kesehatan. Sedangkan kita sebagai pemerintah wajib mensosialisasikan dan mendukung program – program pemerintah pusat dalam upaya mengendalikan covid – 19 yang salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi secara massal, kata H. Surya BSc.

Kemudian Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan itu meminta kepada petugas dalam pelaksanaan vaksinasi massal agar sesuai protokol kesehatan dengan tidak menimbulkan kerumunan di Puskesmas – Puskesmas tersebut dengan menjaga jarak, dan sesuai standar pelaksanaan disiplin protokol kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br.Tarigan MKT dalam laporannya memaparkan bahwa sampai saat ini cakupan pelayanan vaksinasi covid – 19 yang telah dilakukan sampai dengan tanggal 26 Mei 2021 berdasarkan data yang bersumber dari KPC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) pada tahap I untuk Tenaga Kesehatan yang telah divaksin sebanyak 2523 orang sesuai target yang telah ditentukan. Sasaran pada tahap II untuk pelayan publik targetnya sebanyak 4597 orang dan lansia targetnya sebanyak 64773 orang, saat ini masih berjalan baik pemberian dosis tahap 1 dan dosis tahap 2 di Kabupaten Asahan.

Dikatakannya, pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Asahan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2021. Sasaran dari vaksinasi massal ini terdiri dari lansia, guru – guru TK/Paud, dan guru SD. Tempat pelaksanaannya di beberapa titik Puskesmas yang sudah ditentukan yakni 8 Puskesmas. Puskesmas yang terdata diantaranya Puskesmas Mutiara, Gambir baru, Sidodadi, Air Teluk kiri, Gonting Malaha, Setia janji, Pulo bandring, Hessa air genting, dengan total 1000 orang dengan rincian sasaran lansia sebesar 218 orang, sasaran guru TK/Paud sebesar 319 orang, sasaran guru SD sebesar 463 orang.

Sedangkan Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK yang juga merupakan Wakil Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan menyampaikan bahwa langkah vaksinasi massal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan merupakan langkah yang sangat baik dalam pencegahan dan penanganan Covid – 19. Namun begitu pelaksanaannya harus tetap diawasi dengan benar agar prosesnya berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dalam rapat koordinasi lintas Sektoral tersebut juga dibahas terkait operasi yustisi dan operasi penyekatan serta layanan rapid test antigen drive thru gratis di pos pam yang telah dilaksanakan oleh Polres Asahan.

Selain dihadiri Bupati dan Kapolres Asahan, rakor itu juga terlihat diikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Kisaran Dr. Ulina Marbun SH, MH, Dandim 0208/AS Letkol Inf. Sri Marantika Beruh S.Sos, perwakilan Kajari Asahan, Danyon 126 Kala Cakti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br.Tarigan MKT, Kepala Dinas Kominfo H. Rahmat Hidayat Siregar selaku Juru Bicara Satgas Covid – 19 Kabupaten Asahan dan sejumlah Kepala OPD, dan anggota Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Asahan.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button