BondowosoDaerahJawa Timur

Bupati Bondowoso Akan Berikan Bantuan Pupuk ZA 700 Ton

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin akan memberikan bantuan pupuk ZA pada petani sebanyak 700 ton. Untuk sementara yang diberikakan hari ini, senin 12/6 2023, Pupuk Hayati Cair (PHC).

Informasi tersebut disampaikan Kyai Salwa, sapaan Bupati, pada penyerahan secara simbolis bantuan Pupuk Hayati Cair (PHC) kepada Gapoktan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Masukuning Kecamatan Pujer.

“Pemkab akan terus mengusahakan kebutuhan petani terhadap kebutuhan pupuk. Untuk sementara yang akan diperbantukan adalah PHC, sebanyak 43.660 liter. Husus untuk petani binaan BPP Maskuning dapat jatah 8.800 liter,” jelas Bupati dihadapan Pengurus Gapoktan.

Berikutnya, kata Kyai Salwa, ini masih dalam proses, Pemkab melalui Dinas Pertanian (Disperta) akan membantu petani pupuk ZA sebanyak 700 ton. Doa’akan semoga ihtiar ini berhasil.

Kyai Salwa berharap kepada petani, agar terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian. Jangan hanya berfikir tentang pupuk saja, tapi faktor yang lain juga harus dilakukan.

Ditambahkan, pola lama yang kurang baik harus ditinggalkan. Harus berubah mengikuti sistem yang baru. Patuhi petunjuk dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar hasil pertaniannya lebih baik.

Ditempat yang sama, Kepala Disperta, Hendri Widitono, SP, MP mengatakan, Gapoktan yang menjadi binaan BPP Maskuning adalah Gapoktan Tlogosari, Jambesari Darussholah, Pujer, dan Tamanan.

“Untuk petani yang tergabung dalam BPP lain menunggu giliran untuk mendapatkan bantuan PHC. Sedangkan untuk bantuan Pupuk ZA masih on proses,” kata Hendri, sapaannya.

Sama dengan Bupati, lanjutnya, saya berharap jadilah petani yang handal dan profesioanal. Karena Ketahanan Pangan, yang merupakan program nasional, tergantung kesuksesan petani dalam mengelola pertaniannya. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button