AdvedtorialBondowosoDaerahJawa Timur

Bupati Bondowoso Imbau, Anak Yang Dikhitan dan Orang Tuanya Jalankan Shalat Lima Waktu

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1445, HUT Adhyaksa dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakartini, Dinas Pendidikan (Diknas) menggelar khitan massal dan donor darah, Kamis (20/07/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., Kajari, Puji Triasmoro, S.H., M.H., Ketua Basnaz, KH. Akhmadi, S.Pd., M.Pd., dan 50 peserta khitan massal.

Bupati Drs. KH. Salwa Arifin berharap anak-anak yang di khitan menjadi anak yang sholeh. “Saya juga menghimbau, baik kepada anak-anakku sekalian juga kepada orang tuanya, supaya sholatnya dijaga,” pinta Bupati.

Menurutnya, sholat merupakan tiang agama. Apabila sholat tidak dilaksanakan maka kegiatan seremonial agama Islam tidak akan nampak. “Kita contohkan masjid, surau dan mushollah, jika tempat ibadah sepi, maka syiar agama kita tidak akan kelihatan,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kajari Puji mengatakan, kegiatan Bakti Sosial (Baksos) merupakan kolaborasi antara Kejaksaan dan Dinas Pendidikan. “Baksos ini kita adakan dalam rangka HUT Adhyaksa ke 63 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakartini ke 23. Kami bekerjasama dengan Disdik yang kebetulan Dinas Pendidikan memperingati 1 Muharram 1445 H,” ungkap Kajari.

Kolaborasi dengan Disdik, lanjutnya, bukan hanya kegiatan khitan massal dan donor darah saja, melainkan juga edukasi kepada sekolah terkait hukum dan pencegahan tindak pidana korupsi. “Edukasi itu sudah kita laksanakan sejak tahun lalu. Untuk sementara kita sudah melaksanakan penyuluhan kepada Kepala Sekolah (KS) dan bendahara jenjang SD-SMP dan akan kita lanjutkan ke jenjang TK,” jelas Kajari.

Pinya menambahkan, Kejaksaan melakukan kerjasama berkesinambungan dengan Disdik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada masyarakat. “Oleh karena itu kita melakukan edukasi hukum dan pencegahan tindak pidana korupsi. Hari ini Baksos khitan massal gratis kepada 50 anak kurang mampu,” urainya.

Di tempat yang sama, Kadisdik Sugiono menjelaskan, tahun baru merupakan tahun pergantian. “Sehingga harus ada yang baru dan bermanfaat, makanya saya cari kegiatan yang ada manfaatnya,” jelasnya.

Kebetulan hari ini libur, maka kami laksanakan donor darah di aula Kejaksaan, khitan massal di aula Dinas Pendidikan dan puncak kegiatan adalah besok akan ada pawai ta’aruf,” pungkas Kadisdik Sugiono. (Advertorial/BeritaNasional.ID/Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button