DaerahJawa TimurRagam

Bupati Bondowoso Kukuhkan 12 Pengurus Harian Ijen Geopark

BeritaNasional.id, BONDOWOSO JAWA TIMUR, Sebanyak 12 Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) dikukuhkan oleh Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin. “Saya beeharap agar pengurus bisa diberikan kemampuan dalam menjalankan tugas dengan baik. Kalian merupakan perwakilan dari Bondowoso dalam mempromosikan budaya, alam, sejarah dan pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Bondowoso,” kata Bupati Bondowoso, Jum’at (03/02/2023).

Selain itu Bupati Salwa juga meminta terhadap pengurus terpilih untuk meningkatkan daya saing dalam mengembangkan wisata, khususnya Ijen Geopark di wilayah Bondowoso. Karena, Ijen Geopark telah menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Oleh karena itu, sambung Kyai Salwa, konsep pengembangan Geopark kedepan harus lebih matang dan berdampak positif bagi masyarakat Bondowoso. “Saya berharap kepada pengurus bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara,” harap Bupati Salwa.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Salwa, namun dia juga meminta kepada pengurus agar terus meningkatkan aktifitas industri pariwisata dan perekonomian di Bondowoso. “Kalau ini berhasil, maka bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkas Kyai Salwa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, Olahraga dan Budaya (Kadisparporabud) Bondowoso, Mulyadi, SP, MM mengatakan, dalam pengukuhan pengurus harian periode 2023, ada 2 pengurus yang baru. “Untuk 2 tahun ke depan, kita akan melakukan pekerjaan yang sangat berat sekali. Utamanya, untuk mempertahankan label UNESCO Global Geopark. Oleh karena itu, PIHG masih menempatkan orang lama yang berpengalaman,” jelas Mulyadi.

Menurut Mulyadi, dengan adanya orang baru dan lama dalam kepengurusan ini, maka akan mampu mengkolaborasikan dan memaksimalkan peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan pengembangan UGG.

“Dalam hal anggaran, saat ini hanya dianggarkan untuk keperluan operasional Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Tidak ada anggaran pengembangan UGG,” jelas Mulyadi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, Olahraga dan Budaya Bondowoso.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button