AdvedtorialBone Bolango

Bupati Bone Bolango Dorong Program 1 Desa 1 Sarjana Diakomodir di APBDes

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mendorong program satu desa satu sarjana diakomodir dan menjadi prioritas pada APBDes.

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Workshop Aparatur Desa Bekerja Sama dengan Universitas Terbuka (UT) Gorontalo, di Aula BPMP Provinsi Gorontalo, Senin (22/1/2024).

Merlan mengatakan banyak Perguruan Tinggi sudah menawarkan program tersebut kepadanya.

“Silahkan setiap desa sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan disiplin ilmu yang dibutuhkan,”kata Merlan.

Merlan berharap dengan program tersebut bisa meningkatkan SDM yang ada di desa dan menambah jumlah Desa Maju dan Mandiri di Bone Bolango.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bone Bolango, Suleman Panigoro menuturkan, mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya dilakukan di tingkat anak-anak maupun usia sekolah.

Ia mengungkapkan hal tersebut bahkan bisa menjangkau aparat yang ada di desa, kecamatan bahkan kabupaten. Dirinya meyakini dengan baiknya kualitas pendidikan akan mampu menurunkan angka stunting dan kemiskinan.

Di tempat yang sama, Direktur Universitas Terbuka Gorontalo, Safriansyah menjelaskan, Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab dalam rangka pengembangan SDM. Ia menambahkan hal terkecil dari tanggung jawab tersebut adalah dengan dilaksanakannya workshop aparatur desa di Bone Bolango.

“Dimana untuk melihat majunya suatu kabupaten harus dilihat dari desa sebagai pondasi dalam memajukan suatu daerah. Perguruan Tinggi siap berkolaborasi dalam membangun daerah khususnya dari segi SDM sebagaimana Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” tutupnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button