Daerah

Bupati Garut : Memang Kita Selalu Mendapat Bantuan, Itu Dari PT Star Energi Geothermal Rp 22 Miliar Pertahun

Garut, Beritanasional.ID – Dengan adanya bantuan secara finansial, diakui Bupati Rudy Gunawa bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut setiap tahun selalu menerima bantuan uang dari PT Star Energy Geothermal salah satu perusahaan panas bumi yang berlokasi di kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa – Barat, dan bantuan tersebut ada sebesar Rp22 miliar.

Uang sebesar itu, lanjut Rudy, diberikan anak perusahaan dari Barito Pasifik Group yang bergerak di bidang energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia tersebut sebagai bonus produksi.

” Benar selama ini kita mendapat bantuan uang pada setiap tahunnya dan itu masuk kepada APBD dan kami berikan ke desa 50 persen, kami berikan untuk pesantren, kami berikan untuk yayasan-yayasan yang berhubungan dengan lingkungan dan lain sebagainya. Kita dengan Perbub kita buatkan supaya transparan mengenai penggunaannya dari bonus produksi,” ujar Rudy. Selasa,( 19/ 7 ).

Dijelaskan Bupati Garut, itu tak hanya dari PT Star Energy Geothermal pihaknya sudah banyak menerima bantuan uang, melainkan dari Yayasan Bakti Barito sebuah yayasan nirlaba milik Barito Pasifik Group.

“Kami telah mendapatkan banyak bantuan, misalnya bagaimana aspal plastik dijadikan bagian untuk memperkuat dan memperkokoh konstruksi hotmix di Kabupaten Garut. Kita juga menerima bentuk bantuan untuk lingkungan dan lain sebagainya,” terangnya.

Lanjut Rudy, saat ini pihaknya menerima bantuan Rp,50 juta dari Yayasan Bakti Barito untuk pendidikan. Bantuan tersebut diterima Rudy secara simbolis hari Senin (18/7 ) kemarin.

Direktur Yayasan Bakti Barito, Dian A. Purbasari, menuturkan, Yayasan Bakti Barito merupakan yayasan atau badan nirlaba dari Barito Pasifik Group, yang senantiasa peduli terhadap pendidikan dan lingkungan di seluruh Indonesia.

“Mungkin disini, khususnya untuk Garut kami memang kan ada anak usaha kami yaitu Star Energy Geothermal yang berada di Darajat. Untuk itu kami selalu punya consern untuk bagaimana kita bisa bersama-sama memajukan pendidikan dan juga kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Garut ini khususnya,” imbuhnya.

Disisi lain, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa dinas di lingkungan Pemkab Garut, seperti Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Garut, Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, dan nantinya akan dilanjutkan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Garut.

“Maka disitu (Disdik) kami akan bekerja sama memperkuat sekolah-sekolah untuk pendidikan lingkungan melalui sekolah adiwiyata, dan untuk di Dinas PUPR kami men support untuk aspal plastik, jadi pengelolaan sampah di Garut nantinya akan bisa terkelola dengan baik, sesuai dengan target pemerintah,” katanya.

Sedangkan berkaitan dengan bantuan yang hari kemarin diserahkan kepada Pemkab Garut, Dian menyebut hal tersebut dalam rangka memberikan bantuan bagi sekolah-sekolah yang terkena dampak dari bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi Kabupaten Garut.

“Adanya sebuah bantuan tersebut tentunya diharapkan, bisa membantu anak-anak untuk bisa langsung segera sekolah lagi dan hal itu harus sesegera mungkin,kiranya itu juga dapat membantu pembangunan kembali sekolah mereka dan berbagai peralatan sekolah mereka yang telah rusak,” tandasnya ( Diky ).
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button