DaerahRagamSumateraSUMUT

Bupati, Kapolres, dan Dandim Ziarah Kubur ke Makam Kesultanan Langkat

BeritaNasional.ID, Langkat – Menyambut Hari Jadi Kabupaten Langkat ke-272 tahun, Forkopimda Langkat melaksanakan ziarah kubur ke makam Kesultananan Langkat dan pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah serta ke makam ulama yang berada di komplek perkuburan Masjid Azizi Tanjung Pura, tepatnya di Jalan Masjid Azizi, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, Jum’at (14/01/2022).

Hadir pada giat ziarah diantaranya, Bupati Langkat, yang diwakili Asisten Adm Ekbangsos, Drs. H. Hermansyah, M.IP, Kapolres Langkat AKP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K, Dandim Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro. Kemudian juga dari unsur Forkopimcam Tanjung Pura, diantranya Sekcam Tanjung Pura Zulkarnain Sembiring, S.Sos, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman, perwakilan Danramil 11 Tanjung Pura Sertu Kusno, dan Lurah Pekan Tanjung Pura Suwanto, S.Sos, MAP.

Informasi dirangkum beritanasional.id, Ziarah kubur dan tabur bunga dipandu dan dipimpin Ketua BKM Masjid Azizi Tanjung Pura H. Basyaruddin, Spd, yang juga imam besar di masjid tersebut. Turut hadir juga tokoh alim ulama di Tanjung Pura dan warga setempat.

Asisten Adm Ekbangsos, Drs. H. Hermansyah, M.IP, kepada wartawan mengatakan, kegiatan ziarah kubur dilakukan dalam rangkaian menyambut Hari Jadi Langkat yang ke-272, dimana para Kesultanan Langkat dan pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah merupakan pendiri Pemerintahan Kabupaten Langkat, dan di jaman itu dahulu disebut Kesultanan dan yang telah berkorban saat itu.

Semoga dangan ziarah ini, almarhum dan almarhumah mendapat tempat yang sebaiknya disisi Allah dan mendapat ridho Allah, Amin, sebutnya.

Ketua BKM Masjid Azizi, H.Basyaruddin mengatakan, adapun ziarah kubur tadi dilaksanakan di makam para Sultan Langkat, diantara Sultan Musa al-Khalid al-Mahadiah Muazzam Syah, Sultan Abdul Aziz Abdul Jalil Rakhmat Shah, Sultan Mahmud Abdul Jalil, serta permaisuri beliau. Ziarah juga dilakukan di makam pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah, serta ke makam guru besar Tuan Syekh Muhammad Yusuf, yang mana dahulu ceritanya, Tuan Guru Babussalam, Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi An-Naqsyabandi pernah berguru kepada beliau (Tuan Syekh Muhammad Yusuf), dan sering berdampingan melakukan muzakarah. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button